Salin Artikel

Masa Jabatan Berakhir 22 Mei: Wali Kota Yogyakarta Ternak Teri, Wakilnya Akan Kembali Jadi Dosen

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta akan berakhir pada tanggal 22 Mei mendatang. Nantinya Kota Yogyakarta akan dipinpin Penjabat (Pj) Wali Kota hingga pilkada 2024 mendatang. 

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengaku dalam waktu dekat akan melakukan konsolidasi sebelum masa jabatannya habis.

Setelah itu dia berencana beristirahat di rumah dan melakukan sejumlah kegiatan. Mulai dari mengantar anak istri hingga berternak teri

"Ya konsolidasi dulu. Di rumah dulu, ternak teri, nganter anak, nganter istri gitu paling," katanya saat dihubungi, Kamis (19/5/2022). 

Dia pun memastikan tidak akan banyak membebani penggantinya yang akan dijabat oleh seorang PJ. 

"Saya tidak terlalu banyak membenani kepada calon, kalau pun ada nanti Pak Pj atau Bu Pj," ujarnya.

Menurutnya, PJ Wali Kota hanya akan meneruskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang sudah ada. 

"Apalagi PJ Walikota itu kan meneruskan RPJM. Beliau ini kan tidak membuat RPJM dalam masa jabatan dia sebagai pejabat wali kota itu kan, tetapi meneruskan RPJM," kata dia.

Haryadi berharap, PJ dapat segera berkoordinasi dengan pejabat-pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk membahas RPJM yang belum tercapai.

"Jadi itu aja teruskan, dijaga RPJM, karena dia extended RPJM. Harusnya RPJM itu selesai dalam lima tahun tetapi karena ada PJ maka menjadi bertambah. Tetapi tidak ada RPJM baru. Istilahnya extended RPJM," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan setelah masa jabatannya habis dirinya akan kembali lagi mengajar sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Ya tetap ke kampus balik ngajar kan gitu. Termasuk ada beberapa kampus yang nawarin untuk dosen tidak tetap dosen luar, biasa untuk beberapa mata kuliah," kata dia.

Selain mengajar Heroe juga akan fokus di beberapa kegiatan organisasi. Hal ini mengingat dia menjabat sebagai ketua di berbagai organisasi.

"Karena saya terlibat di beberapa organisasi, yang berkaitan dengan dari Ketua PMI, ketua Pramuka Ketua Kwarcab. Kemudian ketua masyarakat ekonomi syariah DIY, ketua asosiasi petani sayur, dan segala macam itu masih banyak kegiatan yang harus saya lakukan yang masih dengan masyarakat kota Yogyakarta," ujarnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/19/170337478/masa-jabatan-berakhir-22-mei-wali-kota-yogyakarta-ternak-teri-wakilnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke