Salin Artikel

TPST Piyungan Dibuka, 700 Ton Sampah Diangkut dari Kota Yogyakarta

Sampah menumpuk di depo maupun tempat pembuangan sampah sementara (TPS) dampak dari penutupan TPST Piyungan di Kabupaten Bantul, Sabtu (7/5/2022).

Kabid Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Ahmad Heryoko menyatakan, tumpukan sampah di Kota Yogyakarta berkisar 1.700 ton.

Setelah TPST di Piyungan kembali dibuka, Ahmad mengatakan pihaknya berusaha maksimal untuk segera mengangkut tumpukan sampah. Hingga Jumat (13/5/2022), mereka sudah membersihkan sekitar 700 ton.

"Selama dua hari ini sudah terangkut 700 ton, dari total 1.700 ton yang menumpuk," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Ia menambahkan, total depo sampah maupun TPS di Kota Yogyakarta sebanyak 12 depo sampah dan 75 TPS, dan hampir semua penuh.

"Paling parah di dekat Purawisata (Jalan Brigjen Katamso), mungkin besok bisa sampai 15 rit," ungkapnya.

Ia menuturkan, ada beberapa kendala yang dialami oleh petugas selama proses pengangkutan sampah. Pertama adalah kendala jumlah petugas, dan kedua adalah jumlah armada truk sampah juga terbatas.

"Jam tutup TPA (TPST Piyungan) yang tidak ada toleransi juga bikin lambat. Karena kami harus naik ke TPA jam 3 sore. Telat 1 menit aja truk gak boleh masuk TPA," kata dia.

Ditambah lagi pada Minggu, TPST Piyungan juga tutup padahal pihaknya tidak libur.

"Ya gak angkut ke TPA. Tapi semua armada kita penuhi sampah terus Senin pagi jam 5 udah antrie masuk tpa," kata dia. "Kami menargetkan pada Rabu sudah normal," imbuh dia.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, target pengangkutan sampah selesai dalam waktu saru minggu setelah TPST Piyungan dibuka kembali.

"Pokoknya satu minggu kita lakukan. Kita lakukan terus menerus karena kan yang tertumpuk hari ini ada 2 ribu ton. Sedangkan kita selama seminggu ini harus kita kerjakan," kata dia.

"Rata-rata produksi sampah warga 350 ton perhari," imbuh Heroe.

Dia menjelaskan, saat ini pemkot fokus pada depo sampah atau TPS yang ada di jalur-jalur protokol dan juga yang sudah mengalami penumpukan sampah yang besar.

"Nah sekarang ini kita fokus kepada yang di jalur-jalur protokol dan juga di tempat-tempat pembuangan sampah yang penumpukan sudah besar," ucapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/13/192721178/tpst-piyungan-dibuka-700-ton-sampah-diangkut-dari-kota-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke