Salin Artikel

Cegah Hepatitis Selama PTM 100 Persen, Dinas Pendidikan Sleman Minta Jajanan di Sekolah Diawasi Ketat

"Sleman itu kami sudah membuat edaran mulai tanggal 9 Mei kemarin sudah (PTM) 100 persen," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana saat dihubungi, Jumat (13/05/2022).

Ery menyampaikan PTM 100 persen sudah dijalankan seluruh sekolah di Kabupaten Sleman. PTM 100 persen ini dijalankan dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"100 persen sesuai dengan kurikulum normal, beban belajar perminggunya sudah normal," tegasnya.

Menurut Ery kantin sekolah juga sudah diperbolehkan untuk buka kembali. Namun demikian, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman akan membuat surat edaran kepada sekolah-sekolah untuk melakukan pengawasan ketat terhadap makanan yang dijual di kantin.

Langkah ini diambil sebagai pencegahan dan upaya melindungi para siswa dari penularan hepatitis akut.

"Karena ada kasus hepatitis akut itu, kita minta jajanan makanan betul-betul diawasi. Syukur kalau nanti sekolah bisa mengimbau orang tua memberikan bekal, anak-anaknya tidak usah jajan. Pola hidup bersih dan sehat harus dijaga ketat dengan prokes itu tadi," tegasnya.

Ery mengungkapkan selama ini sudah mengimbau ke sekolah-sekolah untuk mengawasi makanan yang ada di kantin sekolah. Surat edaran yang akan dikeluarkan ini tujuanya agar sekolah lebih ketat lagi dalam mengawasi makanan di kantin.

"Walaupun selama ini kita sudah mengimbau ke sekolah-sekolah tolong awasi jajanan makanan anak sekolah, kita sudah lama meminta itu untuk diawasi. Tapi kan ini biar lebih ketat lagi," tandasnya.

Tak hanya makanan di kantin, pengawasan juga dilakukan terhadap jajanan yang biasa dijual sekitar lingkungan sekolah. Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman meminta instansi pendidikan mendata para penjual jajanan yang biasa berjualan di sekitar sekolah.

"Yang diluar itu sudah sejak kemarin kami minta, kalau ada pedagang tetap di data paling nggak dimintai KTP-nya dan tolong makanan jajananya dikendalikan," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/13/115128778/cegah-hepatitis-selama-ptm-100-persen-dinas-pendidikan-sleman-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke