Salin Artikel

Jemaah Aolia Gunungkidul Laksanakan Shalat Idul Fitri Hari Ini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jemaah Aolia di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan shalat Idul Fitri pada hari ini, Minggu (1/5/2022). Pelaksanaan shalat id ini lebih awal dari ketentuan pemerintah yang masih akan melaksanakan sidang isbat pada petang nanti.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Sa'ban Nuroni membenarkan adanya jemaah yang menggelar shalat Idul Fitri hari ini.

"Infonya seperti itu, kita pantau. Berdasarkan pemantauan kami dan teman-teman sangat internal itu lho (pelaksanaan shalat Idul Fitri)," kata Sa'ban saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Minggu.

Sa'ban mengatakan, shalat Idul Fitri yang dilakukan Jemaah Aolia sebagian besar dilakukan di rumahnya masing-masing. Sebab, pengasuh jemaah tersebut hanya mengimbau untuk melaksanakan shalat id hari ini.

"Memang ada imbauan dari salah seorang, namanya Pak Ibnu Hajar. Beliau seorang kiai atau khos punya jemaah namanya Aolia. Mengajak shalat id hari ini. Tapi tidak melakukan (shalat ber) jemaah, jadi hanya di rumah masing-masing," kata Sa'ban.

Menurut Sa'ban, Jemaah Aolia ada dan tersebar di Gunungkidul.

"Jemaah itu (Aolia) ada di Gunungkidul itu. Kalau masjid ada. Jemaah ada yang ikut ada yang tidak," kata dia.

"Jadi Pak Ibnu itu sifatnya mengimbau," ucap Sa'ban.

Pihaknya tidak mempermasalahkan perbedaan ini. Pihaknya berencana akan berkunjung ke Girisekar, Kapanewon Panggang untuk bersilaturahmi dengan Jemaah Aolia.

"Tidak apa-apa," ucap dia.

Sementara itu, untuk shalat id tahun ini, pihaknya mempersilakan untuk dilaksanakan di masjid, mushala, bahkan di lapangan terbuka. Hal itu mengacu pada edaran terbaru dari Kemenag RI terkait pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri 2022.

Namun, ia meminta agar prokes tetap menjadi prioritas.

"Termasuk dalam hal jaga jarak, jadi kapasitasnya maksimal 50 persen dan barisan (saf) belum bisa rapat," kata Sa'ban.

Ia juga memberikan pesan secara khusus kepada para imam yang akan memimpin shalat id. Mereka diminta untuk memberikan khotbah yang mengedepankan nilai-nilai ketakwaan dan kerukunan umat beragama.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/01/133950078/jemaah-aolia-gunungkidul-laksanakan-shalat-idul-fitri-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke