Salin Artikel

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Buka Nomor Pengaduan bagi Wisatawan

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, Pemkot Yogyakarta sebenarnya sudah memiliki kanal resmi untuk wisatawan mengadu karena mendapatkan layanan yang tidak baik.

Tetapi, kanal tersebut belum dapat berjalan dengan baik.

"Ada beberapa kendala yang kadang menghalangi wisatawan dan pemudik memanfaatkan kanal ini. Atas saran dari Wakil Wali Kota, tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat tim respon cepat," kata dia, saat ditemui di ruang Yudhistira, Kompleks Balaikota Yogyakarta, pada Kamis (28/4/2022).

Tim respons cepat itu nantinya bertugas untuk merespons dengan cepat keluhan-keluhan yang disampaikan oleh wisatawan atau pemudik selama di Kota Yogyakarta.

Masyarakat dapat mengadu melalui nomor WhatsApp yang ada.

"Kami sudah dapat nomor cantik kami, dengan nomor 081138701777. Wisatawan bisa menyampaikan informasi maupun aduan terkait kepariwisataan," kata dia.

Dia menambahkan, walaupun momor tersebut fokus di bidang wisata, tetapi nantinya akan diawasi oleh 28 OPD terkait untuk memberikan respons cepatnya kepada wisatawan.

Wisatawan tak hanya mengirimkan keluhan melalui bentuk teks saja tetapi juga bisa dapat menelepon langsung nomor tersebut.

Dinpar Kota Yogyakarta menyiapkan personelnya untuk merespons telepon dari wisatawan.

"Ada layanan voice call jadi ada operator dari Dinpar Kota Yogyakarta yang menanggapi pertanyaan yang mungkin timbul dari kanal ini. Ini 24 jam, kami berikan respons sementaranya 1x24 jam, kami meneruskan jika kewenangan ada di OPD lain dengan tempo 2x24 jam," ujar dia.


Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan, untuk menyambut pemudik dan wisatawan selama libur Lebaran ini, Pemkot Yogyakarta menyediakan pelayanan kesehatan berupa swab antigen di beberapa titik.

"Swab antigen Abu Bakar Ali, dan Titik Nol per hari 100 memberikan kesempatan pemudik atau wisatawan baru bisa melakukan pelayanan swab di hari itu," kata dia.

Selain itu, Pemkot Yogyakarta juga menyediakan layanan vaksinasi bagi masyarakat, tamu pemudik, maupun wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta.

"Ada dua titik layanan vaksinasi di Titik Nol, dan Abu Bakar Ali. Tiap hari melayani dari pukul 13.00 sampai 19.00 WIB," kata dia.

Heroe menyarankan bagi wisatawan yang akan vaksin Covid-19 untuk melakukannya beberapa hari sebelum berangkat atau pulang ke daerah masing-masing.

Hal itu untuk mengantisipasi jika terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Kami ingatkan kalau vaksin jangan pas mau berangkat karena KIPI-nya nanti bisa di kereta atau pas berangkat. Kalau mau vaksinasi beri waktu cukup tinggal di Yogyakarta agar bisa dipantau dan melakukan tindakan," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/28/160151578/dinas-pariwisata-kota-yogyakarta-buka-nomor-pengaduan-bagi-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke