Salin Artikel

3 Kali Lebaran Tak Pulang, Mahasiswi Ini Semringah Akhirnya Bisa Mudik Gratis ke Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com - Senyum semringah tak disembunyikan dari wajah Layla Fauziah, mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, saat tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah (Jateng). 

Ini kali pertama bagi Layla menginjakkan kaki di Semarang setelah tiga kali Lebaran tak mudik. Kali ini, dia bisa mudik ke kampung halamannya dengan transportasi kapal gratis. 

"Sejak 2019 awal pandemi tak bisa mudik. Alhamdulillah tahun ini bisa mudik gratis," katanya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (27/4/2022).

Lebaran tahun ini merupakan kado spesial baginya. Pasalnya, tahun lalu Layla hanya bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri melalui layanan video call dengan keluarga.

"Senang karena akhirnya bisa mudik," ucapnya.

Selain itu, dia mengaku dilayani dengan baik saat berlayar dengan transportasi gratis. Menuru dia, ada sejumlah fasilitas di kapal tersebut, seperti kamar dan makan secara gratis.

"Tahun ini alhamdulillah ada mudik gratis ini. Ikut-ikutan mudik juga bisa lebih berhemat," katanya.

Dia berharap fasilitas mudik gratis bisa terus berlanjut. Pasalnya, selain bisa mempersingkat waktu mudik, layanan gratis tersebut juga menghemat biaya.

"Semoga ada terus agar memudahkan masyarakat," harapnya.

Hal senada juga disampaikan Kristi Ayu Diah warga Karanggede, Boyolali. Dia bersyukur bisa mudik secara gratis karena bisa menghemat biaya.

"Kapalnya lumayan enak dan nyaman. Baru tahu ada kapal laut gratis jadi ya pas daftar, dikasih, ya udah senang aja," ucapnya.

Menurut dia, mudik menggunakan kapal jauh lebih menyenangkan daripada mudik menggunakan sepeda motor.

"Lebih aman. Tidak takut kehujanan atau kepanasan, apalagi jalan macet," ucap Kristi yang mudik bersama dua anak dan suaminya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/27/161553178/3-kali-lebaran-tak-pulang-mahasiswi-ini-semringah-akhirnya-bisa-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke