Salin Artikel

Bakal Didatangi 3,9 Juta Pemudik, Pemkab Sleman Siapkan 310 Km Jalur Alternatif

Guna menyangga jalan nasional dan provinsi, Pemerintah Kabupaten Sleman menyiapkan jalur alternatif sepanjang 310 kilometer.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan dari hasil rapat lintas sektor DIY merupakan salah satu tujuan utama mudik dan wisata.

"Diperkirakan nanti sekitar 3,9 juta pemudik yang akan masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," ujar Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dalam jumpa pers, Selasa (26/04/2022).

Danang Maharsa menyampaikan telah berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan.

Terkait dengan mudik tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sleman menyiapkan jalur alternatif.

"Khusus untuk mudik ini, Kabupaten Sleman sudah kita siapkan infrastrukturnya. Kita menyediakan atau memberikan jalur alternatif sebagai penyangga jalan nasional dan jalan provinsi," ucapnya.

Menurut Danang, sudah dilakukan pengecekan terhadap kondisi jalan alternatif tersebut. Dari pengecekan jalan sepanjang 310 kilometer tersebut, saat ini dalam kondisi baik dan sedang.

"Memang kebanyakan jalur alternatif ini statusnya jalan provinsi dalam keadaan baik. Kami kemarin sudah berkoordinasi dengan provinsi juga bila ada satu dua jalan yang berlubang ini akan kita tambal akan kita kerjakan dari Dinas DPU Kabupaten, agar semuanya lancar," ucapnya.

Adanya jalur alternatif ini, lanjut Danang, bisa menjadi pilihan pemudik yang tujuannya tidak ke Sleman atau Kota Yogyakarta. 


"Harapan kita jalur alternatif ini bisa menjadi pilihan pemudik yang mungkin nanti memang tujuanya tidak ke kota, hanya melewati Sleman saja bisa mencari jalur alternatif ini untuk mengurai kemacetan di pusat kota," tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Sleman juga telah melakukan perbaikan di 52 ruas jalan. Ditargetkan perbaikan ini selesai pada 27 April 2022.

Jalur alternatif di Kabupaten Sleman yakni ruas Tempel - Pakem - Cangkringan - Kalasan - Prambanan, Klangon - Godean - Tempel, Mlati - Balangan - Dekso, Denggung - Besi - Koroulon - Joholanang, Prambanan - Piyungan, dan Yogya - Godean - Nanggulan.

"Monggo kalau nanti para pemudik mengalami kesulitan mengakses jalan tersebut bisa menghubungi pos-pos pemantuan Dinas Perhubungan di pintu masuk, pintu masuk utama Kabupaten Sleman," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/26/215952778/bakal-didatangi-39-juta-pemudik-pemkab-sleman-siapkan-310-km-jalur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke