Salin Artikel

[POPULER YOGYAKARTA] Dosen UGM Diduga Tulis Ujaran Kebencian ke Ade Armando | Wisatawan Ditipu Tukang Becak Malioboro

KOMPAS.com - Seorang dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) diduga menulis ujaran kebencian terhadap pegiat media sosial, Ade Armando, lewat akun Facebook-nya.

Terkait permasalahan ini, pihak UGM bakal memanggil dosen berinisial KW tersebut ke rektorat.

Berita lainnya, viral di media sosial sebuah unggahan seorang wisatawan mengaku ditipu tukang becak di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wisatawan itu awalnya ditawari keliling Malioboro dengan tarif Rp 20.000. Begitu tiba kembali di hotel, wisatawan diminta membayar Rp 80.000.

Berikut berita-berita yang populer di Yogyakarta pada Minggu (17/4/2022).

Pihak UGM berencana memanggil dosen berinisial KW yang diduga menulis ujaran kebencian terhadap Ade Armando pada Senin (18/4/2022).

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol UGM Dina Widyaputri Kariodimedjo.

Dina menjelaskan, pemanggilan itu menindaklanjuti dugaan pelanggaran etika yang dilakukan KW.

Selain menghadap rektor, KW juga bakal dipertemukan dengan Dewan Kehormatan UGM (DKU).

"Besok Senin akan dipanggil Rektor dan selanjutnya akan diserahkan ke DKU," ujarnya, Minggu (17/4/2022), dilansir dari Tribun Jogja.

Terkait permasalahan ini, Dina meminta masyarakat bersabar lantaran kasus sedang ditangani pihak rektorat.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta angkat suara soal unggahan viral wisatawan yang mengaku ditipu tukang becak di Malioboro.

Kepala Dishub Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho mengatakan, pihaknya memang tidak menerapkan aturan tarif terendah hingga tertinggi untuk becak.

Oleh karena itu, untuk menentukan tarif, para wisatawan harus tawar-menawar dahulu dengan tukang becak.

"Tawar-menawarnya diklirkan di depan, kalau sudah ada kesepakatan, ya sudah. Jika nanti dia keluar dari akad maka ada perbuatan yang tidak menyenangkan. Jadi, tentu ada proses-proses yang dapat ditempuh," ucapnya, Minggu, dikutip dari Tribun Jogja.

Dalam unggahan viral itu, wisatawan diajak berkeliling ke pusat oleh-oleh.

Setelah sampai hotel, wisatawan diminta membayar Rp 80.000. Padahal, di awal, tukang becak menawarkan tarif Rp 20.000.

"Kalau ngga mau bayar mau dipanggilkan teman-temannya. Kenapa tidak jujur sejak awal kalau memang tarifnya Rp80 ribu. Saya cuma mau tanya, apakah strategi marketing di Malioboro memang gitu?" tulis pengunggah di Facebook.

Tak hanya memperbaiki jalan di kampung halamannya di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, saja, Joko Suranto (53) sang “crazy rich Grobogan” ternyata juga pernah mendanai perbaikan sejumlah jalan di Jawa Barat (Jabar).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Jetis sekaligus kakak kandung Joko Suranto, Suharnanik.

"Jalan rusak di daerah lain juga dia perbaiki pakai uangnya sendiri. Bahkan juga pernah ikut urun bangun masjid. Kalau pulang selalu bersodaqoh dan sembelih sapi. Kami menyebutnya amal jariah, ketika ada rezeki," tuturnya, Sabtu (16/4/2022).

Mengenai kabar tersebut, Joko membenarkannya. Namun, pengusaha properti di Bandung, Jabar, tersebut tidak ingin diulas lebih dalam.

“Iya, bangun jalan di Kabupaten Bandung, Cicalengka, Subang, dan bangun 30 masjid di Jabar. Tapi, sudah enggak apa-apalah, jangan dibesar-besarkan. Intinya, sebagai manusia kita harus berbagi," terangnya, Sabtu.

Baca selengkapnya: Sosok “Crazy Rich Grobogan”, Ternyata Pernah Perbaiki Sejumlah Jalan di Jabar dan Bangun 30 Masjid

Sumber: Kompas.com (Editor: Reza Kurnia Darmawan)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Kampus UGM Buka Suara Terkait Dugaan Ujaran Kebencian Seorang Dosen Terhadap Ade Armando

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Viral Tukang Becak Tipu Wisatawan Malioboro, Ini Respons Dishub Kota Yogya

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/18/063700578/-populer-yogyakarta-dosen-ugm-diduga-tulis-ujaran-kebencian-ke-ade

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke