Salin Artikel

Setelah 10 Hari, Jalan Terdampak Longsor di Bukit Menoreh Kembali Bisa Dilalui

Sebelumnya, jalan itu tertutup material tanah longsor, pohon dan batu-batu.

Jalan berada pada lokasi ekstrim di kawasan perbukitan membuat upaya menyingkirkan material tanah berlangsung hingga sembilan hari.

Jalan sudah bisa dilintasi kendaraan, meski baru roda dua.

“Baru kendaraan roda dua yang bisa melintas, kalau kendaraan roda empat belum bisa. Jalan masih licin karena lumpur,” kata Lurah Kalirejo, Lana saat berada di area pekerjaan pembukaan jalan di Plampang II, Senin (11/4/2022).

Tanah longsor terjadi pada puluhan titik di Kulon Progo, Kamis (31/3/2022) tengah malam.

Tanah longsor terparah berada di kawasan tambang batu andesit Plampang II. Lana mengungkapkan, tanah dan batu sampai menutup jalan di bawah konsesi tambang itu. Jalan tersebut akses ekonomi warga antara Pripih dan Kalirejo.

Banyak rumah hingga sebuah sekolah menengah pertama rusak diterjang guguran tanah. Belasan jiwa masih mengungsi sampai sekarang karena tanah mengubur sebagian rumah.

Tidak hanya itu, longsor di Plampang II membuat tujuh tiang listrik padam sampai sekarang. Ratusan rumah di tiga pedukuhan harus hidup dalam gelap.

Pemerintah desa dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo berupaya membuka akses ini.

Pekerjaan tersebut rumit karena berada di jalan sempit pada kemiringan terjal bukit.

“Sabtu (9/4/2022) baru terbuka. Libur hari Minggu karena kelelahan,” kata Lana.

Lana mengungkapkan, lima dari tujuh tiang listrik mulai didirikan. Ia berharap dua tiang berdiri Senin dan segera dilanjutkan pemasangan kabel listrik agar warga kembali bisa mendapat pasokan listrik.

Langkah berikutnya perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum yang turut rusak karena bencana. Mulai dari banket, gorong-gorong, jembatan kecil, hingga sarana PDAM.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/11/102529678/setelah-10-hari-jalan-terdampak-longsor-di-bukit-menoreh-kembali-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke