Salin Artikel

Upacara HUT Ke-76 TNI AU digelar di Kota Kelahiran, Yogyakarta

Upacara peringatan HUT Ke -76 TNI AU digelar di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Hadir sebagai pemimpin upacara, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Turut hadir pula Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X.

Peringatan HUT ke-76 TNI AU ini juga dimeriahkan dengan demo udara yang melibatkan pesawat tempur dari satuan operasi TNI AU. Tidak ketinggalan, turut memeriahkan dengan bermanuver dilangit, tim Aerobatik kebanggaan Indonesia, The Jupiters.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pelaksanaan upacara peringatan HUT ke -76 TNI AU tahun ini sengaja digelar di Yogyakarta.

"Pelaksanaan upacara ini sengaja kami rencanakan dan kami laksanakan di AAU atau di Yogyakarta ini mengingat Kota Yogyakarta adalah Kota kelahiran dari TNI Angkatan Udara," ujar Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo usai upacara Peringatan HUT ke-76 TNI AU di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Sabtu (9/04/2022).

Fadjar Prasetyo menyampaikan upacara Peringatan HUT ke-76 TNI AU tahun ini digelar secara terbatas. Undangan yang hadir pun turut dibatasi. Selain itu, pelaksanaanya juga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebab meski kasus positif Covid-19 sudah menurun, namun pandemi belum berakhir.

"Kami setelah dua tahun dapat melaksanakan lagi upacara dengan pertunjukan fly pass itupun dengan pesawat-pesawat yang jumlahnya dibatasi. Mereka lepas landas dan kembali home base masing-masing dari Iswahjudi dan juga pesawat-pesawat latih yang memang berada di Lanud Adisutjipto ini," ungkapnya.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang telah memberikan seperangkat gamelan, bibit tanaman dan "wejangan" di HUT ke -76 TNI AU.

"Wejangan" dari Sri Sultan HB X ini terpajang dipinggir Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Wejangan dari Sri Sultan HB X berbunyi " Dharma Kesatria, Menumbuhkan Ketahanan Negara" , " Sifat Kesatria, mencintai Bumi Kelahiran, Bangsa dan Negara Melebihi Cintanya Kepada Diri Sendiri" , "Kekuatan dan Daya Cinta Kasih akan Melebur Kedengkian dan Membuahkan Kebahagiaan".

Bibit-bibit pohon pemberian Sri Sultan HB X lanjut Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo akan ditanam di pendidikan TNI AU yang ada di Indonesia.

"Karena pertama bibit-bibit pohon tersebut kita wajib melestarikan dan juga turut menghijaukan. Selain itu pohon-pohon tersebut memiliki arti yang sangat baik untuk kepentingan organisasi ke depan," ucapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/09/192545178/upacara-hut-ke-76-tni-au-digelar-di-kota-kelahiran-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke