Salin Artikel

Mahasiswa Demo soal Wadas di Yogyakarta, Tuntut Ganjar Cabut IPL

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi solidaritas untuk Wadas menggelar aksi demonstrasi di kawasan Tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta.

Dalam aksi ini, mereka menyampaikan 3 tuntutan.

Humas Aliansi Solidaritas untuk Wadas Rian Sentula menyampaikan dalam aksi ini aliansi menuntut agar Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mencabut Izin Penetapan Lokasi (IPL) di Desa Wadas.

"Saya mewakili teman-teman aliansi solidaritas untuk Wadas turun ke jalan menyampaikan tuntutan pertama meminta Gubernur Jateng mencabut IPL Desa Wadas," kata Rian, saat ditemui di kawasan Tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta, pada Selasa (22/3/2022).

Tuntutan berikutnya adalah meminta kepada Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) untuk mencari alternatif lokasi selain Desa Wadas untuk dijadikan lokasi tambang batu andesit.

"Kedua, meminta pihak BBWSO mencari alterantif lain untuk penambangan batuan andesit. Kami minta Kapolda Jateng usut tuntas pengepungan pada tanggal 8 Februari kemarin," ujar dia.

Selain itu, mereka juga menuntut pembatalan pertemuan G20 di Indonesia.

Pihaknya menilai bahwa G20 merupakan bentuk negara mengakomodir investasi dari luar negeri maupun dalam negeri.


"Karena bagi kami, pertemuan G20 salah satu bentuk negara mengakomodir investasi luar negeri dan lokal," kata dia.

Dalam aksinya ini, mereka juga menngkritisi bahwa proyek strategis nasional menjadi alat untuk legitimasi perampasan lahan yang dimiliki masyarakat.

Rian mencontohkan perampasan yang dimaksud seperti yang terjadi di Bandara Kulon Progo.

"Tuntutan aliansi melihat proyek strategis nasional melegitimasi perampasan lahan masyarakat. Kami lihat bandara Kulon Progo, dan bagaimana Wadas sekarang. Negara melegitimasi perampasan lahan masyarakat," beber dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/22/170102178/mahasiswa-demo-soal-wadas-di-yogyakarta-tuntut-ganjar-cabut-ipl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke