Salin Artikel

7 Pendaftar Peserta Seleksi Calon Rektor UGM Diumumkan, Ada dari Kampus Lain

Dari tujuh nama, terdapat satu  yang berasal dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto.

Ketua Panitia Kerja Seleksi Calon Rektor UGM, Subagus Wahyuono, mengatakan tahap pendaftaran diselenggarakan pada 24 Januari 2022 sampai dengan 9 Maret 2022.

"Tahap Pendaftaran Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada Periode 2022—2027 telah terlaksana dengan baik," ujar Subagus Wahyuono dalam keterangan tertulis Humas Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (16/03/2022).

Subagus menyampaikan, hingga batas waktu pendaftaran terdapat delapan pendaftar yang melakukan registrasi secara daring dan telah memenuhi syarat minimal pendidikan serta pengalaman kerja.

Kemudian, para pendaftar tersebut diberikan kesempatan melengkapi dan menyempurnakan dokumen administrasi.

Dari delapan, ada tujuh pendaftar yang melengkapi dan menyempurnakan dokumen administrasi.

"Ketujuh pendaftar juga telah menyerahkan dokumen fisik secara lengkap kepada Panitia Kerja," tuturnya.

Ketujuh nama tersebut adalah Prof. Dr. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng dari Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto dan Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M. Eng. dari Fakultas Teknik UGM.

Selanjutnya Prof. dr. Ova Emilia, M. Med., Ed., Sp.OG (K)., Ph.D. dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M. dari Fakultas Hukum UGM, dan Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM dan Dr. Ir. Irawadi, CES dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto.

Setelah tahap Pendaftaran, panitia kerja akan melakukan seleksi administrasi.

Dalam proses ini akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan verifikasi keabsahan dokumen para pendaftar.


Hasil seleksi administrasi akan disampaikan kepada publik sebagai bentuk transparansi dan sekaligus untuk mengumumkan pendaftar yang lolos pada tahap tersebut.

"Berikutnya, kami berharap untuk dapat menerima banyak masukan dari publik melalui Forum Aspirasi yang akan diselenggarakan pada 18 April 2022 hingga 29 April 2022," ungkapnya.

Pada periode kali ini, peserta seleksi calon rektor diwajibkan membuat surat motivasi dan narasi personal.

Kedua persyaratan ini termasuk di dalam dokumen daftar riwayat hidup yang juga memuat penjabaran kebijakan umum Universitas ke dalam program kerja dan strategi pencapaian tujuan oleh Bakal Calon Rektor sebagai salah satu persyaratan administrasi.

Persyaratan tambahan ini dibuat untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang motivasi bakal calon dan kemampuannya untuk menjelaskan mengapa bakal calon merupakan figur yang tepat untuk memimpin UGM dalam lima tahun ke depan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/16/175613378/7-pendaftar-peserta-seleksi-calon-rektor-ugm-diumumkan-ada-dari-kampus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke