Salin Artikel

Sri Sultan Dampingi Jokowi Terbang ke IKN, Bawa Tanah dan Air dari Keraton Yogyakarta

Mereka menuju ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Rencananya, rombongan akan menuju kawasan titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (14/03/2022) esok.

Para gubernur di seluruh pelosok Nusantara akan menyatukan tanah dan air yang mereka bawa dalam prosesi Nusantara Satu.

Sri Sultan pun membawa tanah dan air yang berasal dari DIY untuk disatukan dengan tanah dan air dari seluruh daerah di penjuru Indonesia.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji mengungkapkan, tanah dan air yang dibawa oleh Sultan berasal dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Yang dari Yogyakarta (tanah dan air) diambil dari Keraton nggih," kata Ditya.

Sementara terkait dengan makna filosofis dari air dan tanah yang diambil dari Keraton Ngayogyakarta, akan dijelaskan langsung oleh Sultan sendiri.


Selain Gubernur DIY, dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Kemudian, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/13/221157578/sri-sultan-dampingi-jokowi-terbang-ke-ikn-bawa-tanah-dan-air-dari-keraton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke