Salin Artikel

Saat Mangkunegaran Memikat Pujangga Rabindranath Tagore Asal India...

Jumenengan Dalem dilaksanakan Sabtu (12/3/2022) usai KGPAA Mangkunegara X dikukuhkan secara langsung oleh Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Kerabat Mangkunegaran, Irawati Kusumorasri berharap dengan dilantiknya Sang Raja baru, ke depannya Puro Mangkunegaran bisa menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan di dunia.

Memikat pujangga asal  India

Tak hanya yang tahu jika Mangkunegaran ternyata telah memikat pujangga asal India, Rabindranath Tagore.

Rabindranath Tagore melakukan lawatan ke Tanah Jawa pada tahun 1927 dan sempat tinggal di Puro Mangkunegara sebagai tamu istimewa.

Selain pujangga, Rabindranath Tagore adalah seorang filsuf, pemikir keagamaan, dan intelektual yang membuat pembaruan dalam dunia pendidikan.

Tagore memenangi penghargaan Nobel Sastra melalui karya antologi puisi berjudul Gitanjali (1912).

Sebelum tinggal di Puro Mangkunegaran, Tagore mengunjungi Sekolah Taman Siswa yang didirikan Ki Hadjar Dewantara.

Sekolah itu dianggap memiliki model pendidikan serupa dengan Santineketan, sekolah yang didirikan Tagore yang berbasis kerakyatan dan kemanusiaan.

Santineketan adalah sebuah kota kecil di dekat Bolpur Distrik Birbhum, Benggala Barat, India.

Dikutip dari puromangkunegaran.com, kedatangan Rabindranath Tagore disambut langsung oleh KGPAA Mangkunegara VII (1916-1944).

Di Puro Mangkunegaran, Tagore belajar membatik dan tarian Jawa yang membuatnya kagum.

Karya seni itu menginspirasi Tagore untuk dijadikan materi atau kurikulum pendidikan di Santiniketan, 

Tak hanya itu. Di Puro Mangkunegaran, Tagore juga menghadiri upacara peringatan naik tahta ke-24 KGPAA Mangkunegara VII.

Kala itu sebagai bentuk rasa hormat kepada Tagore, KGPAA Mangkunegara VII memberi nama sebuah ruas jalan di Surakarta tepatnya di kawasan Gilingan dengan nama Jalan Rabindranath Tagore.

Jalan tersebut adalah satu-satunya jalan di Surakarta yang diresmikan sendiri oleh tokoh yang namanya diabadikan yakni Rabindranath Tagore.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/12/124000778/saat-mangkunegaran-memikat-pujangga-rabindranath-tagore-asal-india-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke