Salin Artikel

Tinjau Vaksinasi do Yogyakarta, Kapolri Sebut Waktu Dekat Dilakukan Evaluasi Pergeseran Pandemi ke Endemi

"Dalam waktu dekat ada evaluasi rencana-rencana persiapkan diri menggeser dari pandemi ke endemi," kata Kapolri saat meninjau vaksinasi di Sleman City Hall (SCH), Jumat (11/3/2022).

Namun, pergeseran dari pandemi ke endemi harus memenuhi beberapa syarat seperti menekan angka kematian akibat terpapar Covid-19, dan meningkatkan vaksinasi.

"Ada syarat-syarat yang kita kejar salah satunya adalah pengendalian angka kematian dan vaksinasi," kata Sigit.

Sigit menambahkan dalam pergeseran pandemi ke endemi dibutuhkan kerja sama semua pihak agar syarat-syarat yang dibutuhkan untuk memasuki endemi dapat terpenuhi.

"Perlu kerja sama kita semua mencapai hal tersebut dengan optimalisasi akselerasi melengkapi vaksinasi masyarakat agar kekebalan mencapai angka yang kita harapkan, tentunya kita memiliki optimisme," ujar dia.

Selain itu dia juga mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas sangatlah penting.

"Dengan prokes kuat ini selalu kita ingatkan pakai masker kemudian selalu menggunakan disinfektan," kata dia.

Terkait vaksinasi ia menyampaikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tergolong daerah yang cakupan vaksinasinya tertinggi. Untuk dosis kedua di DIY telah mencapai 97 persen sedangkan dosis pertama sudah melebihi 100 persen.

"Dosis kedua sudah di atas 97 harapan kita dengan akselerasi bisa 100 persen, kalau dosis pertama lebih 100 persen. Dosis ke tiga di Mall SCH dilakukan serentak dengan target vaksin 3 ribu yang rata-rata untuk dosis ke 3," kata Sigit.

Menurutnya percepatan vaksinasi dibutuhkan mengingat DIY merupakan destinasi wisata, dan sebagai tempat mudik saat hari raya Idul Fitri.

"Harapan kita Yogyakarta jadi kunjungan wisata, mudik, dan event nasional kita ingin meyakinkan seluruh kegiatan bisa berjalan baik. Masyarakatnya terjaga dari varian baru Omicron," katanya.

Sigit mengungkapkan dengan berbagai event mendatang diharapkan dapat berpengaruh kepada perkembangan ekonomi masyarakat di Yogyakarta.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa saat ini menjelang memasuki Bulan Ramadhan dimana saat Ramadhan banyak interaksi antar warga yang berpotensi menaikkan positivity rate sehingga vaksinasi bagi masyarakat menjadi penting.

"Kita pastikan masyarakat sudah vaksinasi dengan baik syukur-syukur dalam kurun waktu yang ada dosis tiga bisa dioptimalkan karena ini kunci juga," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/11/172550378/tinjau-vaksinasi-do-yogyakarta-kapolri-sebut-waktu-dekat-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke