Salin Artikel

Mengenang Mbah Maridjan, Sang Juru Kunci Gunung Merapi

Sang juru kunci Gunung Merapi yang berusia 83 tahun itu masuk dalam daftar 32 korban meningggal saat erupsi Merapi pada 26 Oktober 2010.

Tak hanya menewaskan 32 nyawan, kala itu 291 rumah rusak dan satu tanggul di Desa Ngepos jebol akibat luapan lahar dingin.

Menggantikan sang ayah menjadi juru kunci Merapi

Mbah Maridjan lahir di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman pada tahun 1927.

Ia diangkat menjadi juru kunci Gunung Merapi pada tahun 1982 menggantikan sang ayah yang meninggal dunia.

Sebelumnya Maridjan muda diberi tanggung jawab sebaga wakil juru kunci dengan pangkat Mantri Juru Kunci.

Ia mendampingi ayah menjabat sebagai juru kunci Merapi.

Mbah Maridjan diangkat menjadi diangkat menjadi Abdi Dalem Keraton Kesultanan Yogyakarta oleh Sultan Hamengku Buwono XI dengan nama baru Mas Penewu Suraksohargo.

Dalam tulisannya yang berjudul Manusia Sejati dalam Falsafah Mbah Maridjan dan Abdul Karim Al Jill, M Baharudin dari Fakultas Islahudin IAIN Raden Intan menjelaskan jika sejak lahir hingga wafat, Mbah Maridjan hanya bermukim di satu tempat yakni di Gunung Merapi.

Secara emosional, ia merasa memiliki kedekatan dengan Gunung Merapi dan secara kultural, Mbah Maridjan menjalankan tirakat dan percaya bahwa Gunung Merapi dikuasai yang ia sebut Bahureksa.

Sebagai juru kunci Gunung Merapi, ia melihat fenomena alam dengan menggunakan kacamata naluriah yang merujuk pada kebiasaan niteni (mengamati).

Abdul Karim menuliskan pernyataan Mbah Maridjan yang ia temui pada 7 November 2008.

“Saya menjadi juru kunci Gunung Merapi karena melanjutkan tugas orang tua saya yang dahulu sebagai abdi dalem Keraton Yogyakarta Nama Ayah saya yang diberikan Ngarsa Dalem di serat kekancingan tersebut adalah Suraksohargo," kata Mbak Maridjan.

Kala itu nominal gaji sebagai Abdi Dalem juru kunci Gunung Merapi, Mbah Maridjan mendapat gaji sebesar Rp 3.710 per bulan. Sejak pangkatnya naik menjadi penewu, gajinya meningkat menjadi Rp 5.600 per bulan.

Ia mengatakan, “Kalau orang hanya melihat mereka yang berpendapatan besar, pasti dia akan selalu diliputi perasaan serba tidak puas. Sebaliknya, kalau orang mau melihat mereka yang kecil-kecil, berapapun besarnya gaji akan membuat kehidupan terasa nikmat. Saya lihat banyak kok orang yang berpenghasilan kecil. Jadi jangan melihat ke atas, lihatlah ke bawah.”

Mbah Maridjan juga mengkritik keras para penambang pasir yang menggunakan mesin. Menurutnya, kelestarian alam harus dijaga dan tidak boleh diekspolitasi untuk memenuhi nafsu manusia.

“Sing sapa seneng ngerusak ketentremane alam dan lan liyan bakal dibendu deneng pangeran lan dielehake dening tumindake dhewe (Barangsiapa yang gemar merusak ketentraman alam dan hidup orang lain, niscaya akan mendapat murka Allah, dan akan digugat karena ulahnya sendiri)," kata Mbah Maridjan ditulis oleh Abdul Karim.

Ia tetap tinggal di Dusun Kinahrejo, pemukiman tertinggi yang paling dekat dengan puncak Merapi.

Pada 26 Oktober 2010 sekitar pukul 17.58 WIB terjadi erupsi yang diikuti sirene panjang yang memicu kepanikan warga.

Pada pukul 17.20, bercengkerama dengan menantu dan kerabatnya, Mereka terdiam setelah mendenger gemuruh panjang dari Merapi.

Mbah Maridjan pun pamit ke masjid yang berada di dekat rumahnya. Ia menolak dievakuasi dan tetap berada di masjid bersama satu anak lelakinya.

Sementara, cucu-cucu, menantu, dan kerabatnya dijemput kendaraan untuk mengungsi.

Semburan abu vulkanik dan kerikil terjadi menyusul erupsi eksplosif Gunung Merapi, Selasa (26/10) pukul 18.10 WIB.

Ada dua orang perempuan yang keluar dari mobil dan menyusul Mbah Maridjan.

Semnemtara itu  dua pendaki terlihat memindahkan motornya ke sebuah rumah di sebelah bawah rumah Mbah Maridjan.

Saat letusan 2006, tempat itu pernah menjadi melindungi beberapa orang dari letusan.

Sementara itu, semua rombongan baik dari PLN maupun tim SAR telah meninggalkan lokasi tersebut, setelah sirine berbunyi.

Raungan sirine itu menjadi tanda perpisahan para rombongan dengan Mbah Maridjan.

Mbah Maridjan ditemukan meninggal dalam kondisi bersujud dengan memakai baju batik dan kain sarung.

Ia dimakamkan bersama korban letusan lainnya di Dusun Sidorejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Ahmad Naufal Dzulfaroh, Rosy Dewi Arianti Saptoyo | Editor : Inggried Dwi Wedhaswary, Sari Hardiyanto)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/10/125700978/mengenang-mbah-maridjan-sang-juru-kunci-gunung-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke