Salin Artikel

Varian Son of Omicron Ditemukan di Yogyakarta, HB X Sebut Sudah Sulit Kendalikan Masyarakat

Padahal beberapa waktu lalu ditemukan sub varian Omicron BA2 atau sering disebut dengan 'son of Omicron'.

"Kita mempersulit disini weekend pendatang datang kesini malah kita dikira mendiskriminasi," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (7/3/2022).

Ditambah lagi, saat ini pemerintah pusat sedang merencanakan protokol kesehatan pandemi menjadi endemi, sehingga jika seseorang terkonfirmasi posistif maka dapat segera ke rumah sakit atau isolasi di shelter-shelter yang sudah disiapkan.

"Kalau tidak ada penyakit kronis lima hari sudah sehat," kata dia.

Sultan berharap angka kasus positif di DIY dapat segera turun karena untuk membatasi kegiatan masyarakat saat ini sudah sulit untuk dilakukan.

Pasalnya, kondisi saat ini sudah berbeda dengan saat awal pandemi, ditambah lagi masyarakat sudah merasa lelah.

"Semoga yang ini sudah menurun, menurun terus. Ya memang masyarakat ga bisa, ga bisa seperti dulu sudah capek, tetapi kita kan tetap menjaga semoga makin turun (angka kasusnya)," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, varian SARS-CoV - 2 B.1.1.529 atau Omicron BA.2 atau sering disebut dengan 'Son of Omicron' telah ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Varian itu ditemukan oleh Kelompok Keeja Genetik Fakultas Kedokteran Kesehatan Maayarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM.


FKKMK menemukan sebanyak 7 sampel 'Son of Omicron' di wilayah DIY, setelah dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS).

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Genetik UGM Gunadi mengatakan WGS dilakukan terhadap 47 sampel Covid-19 yang dikirim ke laboratorium FKKMK UGM.

"Varian BA.2 ditemukan berdasarkan pemeriksaan pada awal Februari, sampel yang diperiksa sebanyak 47 sampel," katanya saat dihubungi, Kamis (3/3/2022).

Lanjutnya dari 47 sampel yang diperiksa diketahui sebanyak 39 terkonfirmasi Omicron dan 8 merupakan varian delta.

Setelah ditemukan 39 sampel terkonfirmasi Omicron FKKMK UGM melanjutkan pemeriksaan lebih lanjut dan diketahui terdapat 7 sampel merupakan BA.2, dan sisanya BA.1 atau bentuk dominan dari vafian Omicron.

"Total BA.1 sebanyak 32 sampel dan BA.2 sebanyak 7 sampel," ungkap Gunadi.

Gunadi menambahkan varian BA.2 ini atau juga dijuluki Omicron siluman mempunyai kemampuan penukaran lebih cepat jika dibandingkan dengan varian BA.1.

"Sementara ini dikatakan transisi lebih cepat, tetapi kalau derajat beratnya masih perlu penelitian lebih lanjut," beber dia.

Gunadi menambahkan bahwa FKKMK UGM baru saja menyelesaikan pemeriksaan terbaru terkait varian BA.2 dan tadi malam telah dikirim ke Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY.

"Ini yang terbaru lagi ada, tapi kewenangan mengumumkan ada di Dinkes," tutup dia.

Sebelumnya, Setelah dunia digemparkan kemunculan virus Corona varian Omicron dalam beberapa bulan terakhir, kini muncul varian baru yaitu Omicron Siluman atau Omicron varian BA.2.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/07/143535078/varian-son-of-omicron-ditemukan-di-yogyakarta-hb-x-sebut-sudah-sulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke