Salin Artikel

Melihat Tradisi Makan Bersama Petani di Kulon Progo, Wujud Syukur Melimpahnya Panen

Makan bersama dilanjutkan dengan kenduri itu menjadi acara syukuran atas keberhasilan panen pada musim tanam pertama pada tahun 2022.

“Di satu kalurahan di bawah Gapoktan kami (yang panen) ada 54 hektar,” kata Ketua Gapoktan, Untung Suharjo, Rabu (2/3/2022).

Petani Giripeni menanami lahan dengan padi jenis Inpari 42 dan Ciherang. Hasil ubinan atau perkiraan panen mencapai 10,4 ton per hektar. Hasil itu lebih baik ketimbang panen tahun lalu 8,9 ton per hektar.

Antara permukaan tanah yang tinggi dengan yang rendah mempunyai komoditas tanam yang berbeda pula.

Pertanian surjan mereka mencapai 15 hektar, terdiri dari lahan kelola kelompok tani Martani seluas 10 Ha dan kelompok tani Grawulan seluas lima hektar.

“Pertanian surjan ini sudah ada sejak saya kecil, bahkan merupakan peninggalan nenek moyang kami,” katanya.

Kali ini, hasilnya dinilai memuaskan.

“Kali ini sangat bagus sekali, kami kawal dengan agensi hayati dan tidak ada yang diserang hama penyakit,” kata Untung.

Para petani kini menyambutnya dengan suka cita.

Mereka mengawali dengan kirab, berkumpul untuk menyaksikan upacara wiwitan atau simbolisasi panen oleh Bupati Kulon Progo, Sutedjo, menaikkan doa syukur, lalu makan bersama nasi wiwit.

Ia menanam padi, bawang merah hingga lombok. Hasil yang diperoleh yakni bisa menyekolahkan anak, membuat rumah hingga membeli kendaraan.

Pertanian padi sedang panen raya. Ia ikut menyambut gembira dalam upacara wiwitan itu.

Hasil itu menunjukkan pertanian Giripeni selalu baik. “Kami ikut dalam tradisi ini,” kata Sri.

Keberhasilan tersebut menunjukkan bagaimana sektor pertanian terus tumbuh di tengah Pandemi Covid-19. Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyambut baik hasil tersebut.

“Hasilnya lumayan bagus dengan sistem surjan atas dan bawah. Kami berharap kekompakan petani ini terus bergerak dengan meningkatkan produktivitas,” kata Bupati Sutedjo usai menghadiri wiwitan padi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/04/080058178/melihat-tradisi-makan-bersama-petani-di-kulon-progo-wujud-syukur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke