Salin Artikel

Kasus Covid-19 Harian di DIY Pecah Rekor, Sultan: Sak Karepe Dewe Berkerumun

Sebagai informasi, pada Kamis (24/2/2022), ada 2.866 kasus baru Covid-19. Jumlah itu menjadi penambahan kasus harian tertinggi sepanjang pandemi virus corona.

Karena itu, HB X meminta warganya untuk tidak bersikap seenaknya sehingga mengabaikan protokol kesehatan selama pandemi masih merebak.

"Masalahnya kan bagaimana kesadaran warga masyarakat itu tidak turun. Dalam arti sak karepe dewe berkerumun, sak karepe dewe ora nggo (tidak pakai) masker, dan sebagainya. Karena itu yang paling pokok karena penularan itu demikian cepat," ucap Sultan ditemui di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis.

Kendati demikian, HB X menyatakan Pemerintah Provinsi DIY sudah siap dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Sudah ada beberapa shelter dan hotel yang dijadikan tempat isolasi terpadu.

"Kalau shelter enggak ada masalah kita sudah menyiapkan. Mutiara penuh kami juga punya Shelter PU, Rusunawa BBWSO yang di Kalasan ," ujarnya.

Selain meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan upaya Pemerintah Daerah DIY untuk menekan angka kasus Covid-19 adalah dengan meniadakan acara kesenian di Teras Malioboro Dua.

Sebelum terjadi lonjakan kasus Covid-19, setiap pekannya pentas seni digelar di Teras Malioboro Dua untuk menarik minat wisatawan berkunjung.

"Minggu berkerumun karena di Malioboro diselenggarakan pentas berkesenian saya minta diberhentikan saja, karena semua berkerumun di situ. Risikonya jadi gede," ucap Sultan.


Kabag Humas dan Protokol Pemerintah DIY Ditya Nanaryo Aji menambahkan hari ini penambahan kasus Covid-19 di DIY sebanyak 2.866 kasus.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif di DIY sebanyak 2.866. Sementara ini, kenaikan tertinggi kasus harian Covid-19," katanya melalui keterangan tertulis.

Lanjut Ditya sebaran kasus Covid-19 pada hari ini didominasi dari Kabupaten Sleman dengan 1.111 kasus Covid-19, disusul Kabupaten Bantul 844 kasus, Kota Yogyakarta 508 kasus, Kabupaten Kulon Progo 254 kasus, dan Gubungkidul 149 kasus.

Bed occupancy ratio (BOR) total sebanyak 202 dan terisi sebanyak 70 kasus, sedangkan BOR non kritikal sekarang total sebanyak 1.575 sudah terpakai 795 atau 50,48 persen.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/24/172109778/kasus-covid-19-harian-di-diy-pecah-rekor-sultan-sak-karepe-dewe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke