Salin Artikel

Heboh Nama Wakil Wali Kota Tegal Masuk Daftar Penerima Bansos, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi terkejut namanya masuk dalam data penerima manfaat bantuan sosial (Bansos) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Jumadi mengaku sempat mengecek ke laman cekbansos.kemensos.go.id. Dirinya pun mengaku heran mengapa namanya bisa masuk.

"Semalam saya cek di aplikasi memang betul saya terdaftar di sana, saya salah satu yang akan mendapatkan bantuan DTKS," katanya saat ditemuia di Balai Kota Tegal, Senin (21/2/2022).

Di dalam laman tersebut, nama Jumadi tercatat sebagai penerima bansos di wilayah Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Anehnya, menurut Jumadi, tidak ada petugas yang datang ke rumahnya untuk melakukan pendataan, apalagi mengusulkan.

"Saya tidak pernah didata, tidak ada seorang pun yang mendata saya untuk masuk ke DTKS," ujar Jumadi.

Minta klarifikasi

Menanggapi hal itu, Jumadi berencana akan segera menganulir data tersebut. Lalu dirinya akan meminta klarifikasi dari Dinas Sosial dan meminta agar namanya dicoret.

"Ini menjadi koreksi untuk kita semuanya. Menjalankan pemerintahan itu good government-nya harus benar-benar, terutama dalam masalah kemiskinan. Ini penting saya sampaikan," kata Jumadi.


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tegal Bajari mengatakan, pihaknya tidak pernah memasukan nama Jumadi sebagai penerima bansos dalam data DTKS.

Hal itu terjadi, menurut Bajari, murni kesalahan sistem dari pusat.

"Saat ini kami sedang berkirim surat ke Kemensos untuk mencoret nama Bapak Wakil Wali Kota dalam penerima Bansos," kata Bajari.

Bajari melanjutkan, pihaknya tidak pernah mengusulkan atau mendata agar nama Jumadi masuk ke penerima bansos. 

"Kami tak pernah mengusulkan. Baik melalui RT, RW, kelurahan, kecamatan sampai Dinsos, itu tidak pernah mengusulkan atas nama MJ (Muhamad Jumadi) untuk mendapatkan bantuan sosial," kata Bajari saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/2/2022).

(Penulis : Kontributor Tegal, Tresno Setiadi | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/22/070816978/heboh-nama-wakil-wali-kota-tegal-masuk-daftar-penerima-bansos-kok-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke