Salin Artikel

Kasus Covid-19 Harian di Yogyakarta Capai Seribu Lebih, PTM 50 Persen Tetap Dilaksanakan

Pemerintah DIY beralasan, tidak diberlakukanya PJJ secara penuh adalah agar iklim belajar di sekolah tetap berjalan, dan untuk melatih anak-anak mengikuti aktivitas di masa pandemi Covid-19.

"Ada dua macam, pertama supaya iklim belajar tetap berjalan kedua kita ini berlatih bagaimana mengikuti aktivitas saat ada pandemi covid," ujar Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Kamis (17/2/2022).

Aji menambahkan, sampai saat ini sekolah di DIY tetap melaksanalan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas maksimal sebanyak 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Jaga prokes tidak usah menutup sama sekali, kecuali ada kasus boleh istilahnya lockdown. Tapi sedang tidak ada kasus jaga betul prokesnya, kemudian masuk 50 persen," ucap Aji.

Disinggung soal PTM di tingkat perguruan tinggi Aji menjelaskan pihaknya meminta perguruan tinggi untuk men,erapkan prokes ketat, ditambah lagi Pemerintah DIY memfasilitasi mahasiswa yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Pertama prokes di perguruan tinggi kita minta rektor untuk disiapkan betul supaya prokes berjalan pemerintah siap fasilitasi vaksinasi senadainya ada mahasiswa yang datang belum vaksin atau baru vaksin pertama keduanya kita fasilitasi," ucap dia.

Jika jumlah mahasiswa yang belum vaksin banyak, maka petugas akan mendatangi kampus-kampus untuk memberikan vaksin kepada para mahasiswa. Tetapi jika jumlahnya sedikit mahasiswa bisa mendapatkan vaksin di sentra vaksin yang ada.

"Kalau jumlah banyak datang ke perguruan tinggi kalau tidak mahasiswa bisa datang ke sentra-sentra vaksin kita ada di dinkes dan puskesmas," kata dia.

Kabag Humas dan Protokoler Pemerintah DIY Ditya Nanaryo Aji menambahkan pada 16 Februari 2022, kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.476.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif baru di DIY 1.476, sehingga total kasus terkonfirmasi sebanyak 166.598," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Sedangkan untuk kasus sembuh pada tanggal 16 lalu sebesar 179 kasus total kasus sembuh menjadi 152.669 kasus.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/17/183656978/kasus-covid-19-harian-di-yogyakarta-capai-seribu-lebih-ptm-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke