Salin Artikel

Densus 88 Amankan Guru SD di Gunungkidul

Sebelumnya pemilik rumah yakni RY (45) sudah diamankan terlebih dahulu.

Tokoh masyarakat Jimbaran, Kalurahan Tambakromo, Suharto mengatakan, dirinya ikut menyaksikan penggeledahan di rumah RY sekitar sehabis Dhuhur.

Awalnya dirinya tidak mengetahui ada petugas kepolisian datang, memang saat itu sebelum penggeledahan banyak orang bukan dari daerahnya berada di sekitar masjid.

Saat ditanyakan mereka mengaku sebagai anak Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"Tapi setelah itu ada penggledahan di rumah yang bersangkutan, saya ikut sebagai saksi," kata Harto saat ditemui di rumahnya, Senin.

Penggeledahan sekitar 1 jam petugas yang menurut dia, sebagian besar berpakaian biasa itu langsung mengambil barang seperti laptop dan buku.

"Sepertinya sudah Pak RY sudah ditanya dulu tempatnya, jadi cepat," kata dia.

Sepengetahuan dirinya, RY sebagai guru SD di salah satu sekolah swasta di Kapanewon Wonosari, dan pagi tadi dirinya masih menyaksikan RY berangkat kerja.

"Pagi tadi saya melihatnya berangkat mengajar ke SD di Wonosari. Kemungkinan, ia diamankan pada saat menuju sekolah tempatnya bekerja," kata Harto.

Disinggung mengenai keseharian, RY, Harto mengaku pria empat orang anak itu seperti pada umumnya masyarakat, dan tidak tertutup.

Bahkan cenderung aktif, dan sering mengajar mengaji di kampung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini. "Orangnya itu baik sekali, aktif di kegiatan kampung," kata Harto.

"Saya kaget ada banyak petugas yang datang mengamankan RY, kalau di sini yang diajarkan tidak ada yang menyimpang, tapi kalau di luar saya tidak tahu ya," kata Harto.

DUkuh Jimbaran Suparno menambahkan, selama disini RY sebagai warga aktif kegiatan kampung terutama yang berkaitan dengan keagamaan.

Rumah dirinya dan RY hanya berjarak 30 meter sehingga tahu keseharian yang bersangkutan. "Kesehariannya, usai pulang mengajar mencari rumput untuk pakan ternak," kata Suparno.

Suparno yang juga ikut melakukan penggledahan mengaku menyaksikan sejumlah barang yang ikut diamankan seperti buku dan majalah yang berisi tentang keagamaan. Selain itu, juga diamankan laptop serta sebuah panah dalam kondisi rusak.

Sementara Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah belum membalas pertanyaan terkait penggeledahan hari ini.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/14/200446578/densus-88-amankan-guru-sd-di-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke