Salin Artikel

Bencana Tanah Bergerak di Desa Dermasuci Tegal, Ratusan Rumah Rusak, Ratusan Warga Mengungsi, Ini Kondisinya

KOMPAS.com - Bencana tanah bergerak membuat ratusan rumah di Desa Dermasuci, Kecamatan Pengkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, rusak.

Lebih kurang 99 kepala keluarga yang terdiri 832 jiwa pun terdampak. Lalu, 296 orang dilaporkan masih mengungsi hingga Senin (14/2/2022).

"Sepekan lalu sampai saat ini masih terus terjadi pergerakan. Wilayahnya juga tambah luas,” kata Kepala Desa Dermasuci Mulyanto kepada wartawan.

Rumah rusak berat

Salah satu warga yang mengungsi ke SDN Dermasuci 01, Siti Aminah (45) mengatakan, dirinya terpaksa mengungsi karena takut rumahnya roboh.

Siti mengungsi saat tanah kembali bergerak pada Sabtu (12/2/2022) malam.
Saat itu dirinya panik dan segera mengungsi. Bahkan ia tidak sempat membawa pakaian ganti.

“Rumah saya rusak berat sehingga tidak bisa ditempati. Kami di sini butuh pakaian untuk yang tua dan anak-anak," pungkas Siti.


Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Tegal tengah menyiapkan relokasi bagi para pengungsi.

Relokasi telah disiapkan di lahan seluas saty hektar. Sementara kebutuhan logistik bagi para pengungsi terus akan dipantau.

“Saat ini masih melakukan penanganan darurat untuk kebutuhan pokok di pengungsian. Serta penanganan akses jalan yang amblas akibat tanah bergerak,” kata Widodo kepada wartawan, Senin (14/2/2022).

(Penulis: Kontributor Tegal, Tresno Setiadi | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/14/174757778/bencana-tanah-bergerak-di-desa-dermasuci-tegal-ratusan-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke