Salin Artikel

95 Warga Sekolah di SMAN 2 Bantul Positif Covid-19, Plt Kepsek: Penyebarannya Sangat Cepat

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hasil tes polymerase chain reaction (PCR) terhadap kontak erat kasus Covid-19 di SMAN 2 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah keluar. Hasilnya menunjukkan, sebanyak 95 warga sekolah dinyatakan positif Covid-19.

"Terakhir tadi, total dari awal dari tanggal 31 Januari, ada 95. Terdiri dari dua guru dan 93 siswa,” kata Plt Kepala SMAN 2 Bantul, Ngadiya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (13/2/2022).

Dijelaskannya, siswa yang pertama kali terkonfirmasi positif Covid-19 sudah sembuh, dan diperbolehkan pulang. Sementara untuk yang lainnya masih dirawat di shelter ataupun isolasi mandiri di rumahnya.

Kasus itu menyebar di berbagai jenjang. Mulai dari kelas 10, kelas 11 hingga kelas 12. Sebagian besar dari mereka tidak bergejala.

"Temuan dari hasil swab ada dua alternatif di shelter dan boleh isoman. Ditawarkan kepada orangtua mau isoman atau di shelter," kata Ngadiya.

"Kebanyakan enggak ada gejala. Jadi memang ini penyebarannya sangat cepat," kata dia.

Ngadiya mengatakan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dilaksanakan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau dengan sistem daring. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) belum bisa dilakukan akibat kasus Covid-19 itu.

"Belum bisa PTM hari Senin besok. Besok masih PJJ. Besok kita koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kapanewon, kapan diperbolehkan PTM 50 persen," kata dia.

Sebelumnya, Ngadiya mengatakan, kasus ini bermula saat ada satu orang siswa mengalami keluhan dan terkonfirmasi positif. Lalu, siswa yang berada satu kelas dengan siswa tersebut yang jumlahnya 34 orang dilakukan tes swab PCR. Hasilnya, 16 orang positif.

Pihaknya langsung melakukan tes PCR lanjutan kepada 860 warga sekolah. Swab massal tersebut berlangsung pada Jumat (4/2/2022) dan Sabtu (5/2/2022).

"Swab pertama itu ada 17 siswa, itu dari kelas yang sama. Kalau sekarang ada tambahan dari kelas lain, itu hasil dari swab massal kemarin. Jadi totalnya saat ini ada 46 siswa dan 2 guru yang positif," kata Ngadiya.

Ngadiyo saat itu mengatakan jika merencanakan PTM akan digelar pada hari Senin (14/2/2022).

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/13/185840978/95-warga-sekolah-di-sman-2-bantul-positif-covid-19-plt-kepsek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke