Salin Artikel

Gedung SMA Senilai Rp 5 M Langsung Diperbaiki Usai Ganjar Mengamuk dan Tendang Tembok hingga Jebol

Seperti diketahui, saat sidak pada Minggu (30/1/2022), Ganjar mengamuk karena menilai gedung SMA tersebut dibangun dengan asal-asalan.

"Keluhan sudah diselesaikan, lainnya seperti retakan rambut pada tembok sudah diplester dan dicat ulang sudah kembali lagi. Kemudian, kurang rapi paku-paku, butuh perapian saja, sudah ditidaklanjuti langsung. Ini masih tahap pemeliharaan, jadi tidak bisa justifikasi dulu," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Uswatun Hasanah, kepada Kompas.com, saat melakukan pengecekan gedung sekolah, di Karanganyar, Senin (31/1/2022).

Pantuan Kompas.com di lokasi, perbaikan terlihat dilakukan di sejumlah titik.

Salah satunya tembok yang ditendang oleh Ganjar hingga bolong.

Tampak para pekerja melakukan penggantian material dari kalsiboard menjadi batu bata lalu diplester semen pada tembok tersebut.

Uswatun mengatakan, konstruksi bangunan SMAN 1 Tawangmangu telah sesuai kesepakatan oleh pihak Pemprov Jateng dan kontraktor bangunan, yakni material tembok depan mengunakan kalsiboard.

"Iya, sudah sesuai (awal), sekarang sudah diperbaiki mengunakan bata dan plester," ujar dia.

"Pada prinsipnya, pembangunan gedung SMAN 1 Tawangmangu ini masih dalam masa perawatan. Jadi, masih ada space waktu untuk pembenahan dan mulai Minggu kemarin langsung dilakukan perbaikan-perbaikan penyempurnaan," lanjut dia.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Syamsudin Isnaini mengatakan, proses pemeliharaan hingga Mei 2022.

Adapun gedung telah diserahkan sesuai kontrak pada 5 Desember 2021.


"Setelah itu tahap pemeliharaan 180 hari, masih menjadi penanggung jawab kontrak jika ada kerusakan termasuk penyempurnaan dari pokok yang sudah diserahkan," jelas Syamsudin.

"Termasuk yang kemarin (sidak Ganjar) itu termasuk dalam masa penyempurnaan dan pemeliharaan," lanjut dia.

Untuk diketahui, SMAN Tawangmangu dibangun di lahan seluas 8.420 meter persegi.

Pembangunan dimulai pada Juli 2021 dan selesai pada 5 Desember 2021.

Nilai kontrak pembangunan gedung SMA ini mencapai Rp 5 miliar. (Penulis Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati | Editor Robertus Belarminus)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/01/130801378/gedung-sma-senilai-rp-5-m-langsung-diperbaiki-usai-ganjar-mengamuk-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke