Salin Artikel

Teras Malioboro Satu Diresmikan, Ini Fasilitas yang Disediakan

Wisatawan dapat mengakses Teras Malioboro dua melalui Jalan Malioboro. Lokasi Teras Malioboro dua berada tepat di sisi utara gedung DPRD DIY. Sedangkan, Teras Malioboro satu berada di sisi selatan sebelah barat Jalan Malioboro, atau di seberang Pasar Beringharjo.

Lokasi Teras Malioboro Satu merupakan gedung 3 lantai dan satu basement, layaknya mall Teras Malioboro satu dilengkapi dengan lift dan eskalator untuk menghubungkan antar lantai.

Lapak yang disediakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebesar 1x1.5 meter dengan aksen kayu berwarna cokelat, sedangkan bagian tengah terdapat pelindung terbuat dari besi berwarna hitam.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Srie Nurkyatsiwi menjelaskan, Teras Malioboro satu memiliki 3 lantai terbagi dari beberapa blok. Tiap blok diisi berbagai PKL seperti penjual aksesoris, kuliner, hingga fesyen.

"Nanti di belakang kuliner kami juga adakan atraksi. Terkait skema budaya juga hadirkan sini. Ada blok A, blok B, dan blok C. Ada kuliner, fesyen, dan craft," kata dia, Rabu (26/1/2022).

Sedangkan kapasitas yang didapat oleh PKL meliputi kebutuhan primer seperri listrik, air, internet, dan juga manajemen sampah.

"Fasilitasnya pasti kebutuhan primer listrik, air, internet kita butuhkan di sana. Internet kita proses. Sampah kan harus ada manajemennya.

Fasilitasnya tempat lapaknya sudah free dan ada listriknya masing-masing," kata dia.

Tiap PKL mendapatkan luas tempat yang berbeda beberapa dari PKL mendapatkan luas leboh dari 1 meter, tergantung mereka berjualan apa.

"Macam-macam berbagai macam ada yang ukuran lebih dari 1 meter," ujar dia.

Sedangkan untuk parkir, wisatawan dapat menggunakan taman parkir Abu Bakar Ali karena selama ini masyarakat yang berkunjung ke Malioboro memanfaatkan parkir Abu Bakar Ali.

"Lokasi parkir dari dulu sudah ada kantong kan sudah ada ada di Abu Bakar Ali, Beskalan juga ada. Kalau di sini nggak ada, seperti jalan-jalan di Malioboro," ucap dia.

Untuk kapasitas kedua tempat ini berbeda Teras Malioboro satu bisa digunakan sebanyak 800 PKL sedangkan di Teras Malioboro 2 kurang leboh sebanyak 1.000 PKL.

"Kalau di Teras Malioboro 2 kapasitas kurang lebih seribu," pungkas dia.

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan dua tempat relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro, yang menempati eks gedung bioskop Indra dan eks gedung dinas pariwisata.

Kedua lokasi ini diberi nama teras Malioboro satu untuk eks bioskop Indra dan Teras Malioboro dua untuk eks gedung dinas pariwisata.

"PKL pindah di tempat pertama yaitu Teras Malioboro satu maupun dua. Tidak boleh lagi ada PKL berjualan di sepanjang Malioboro kalau boleh kasian mereka yang pindah," kata Sultan saat meresmikan Teras Malioboro Satu, Rabu (26/1/2022).

Sultan mengungkapkan, sebelum diresmikan kedua tempat ini sengaja ditutup dan tidak diperlihatkan oleh masyarakat. Itu bertujuan agar para PKL pindah tidak berdasarkan fasilitas yang ditawarkan Pemerintah DIY.

"Memang kita tutup itu sengaja saya ingin supaya teman-teman PKL itu pindah di sini dengan pemahaman yang sama. Bukan karena fasilitas yang ada di sini jadi motivasi," kata dia.

Sultan ingin membangun pemikiran PKL bahwa relokasi PKL ini merupakan upaya bersama untuk berdagang dan tumbuh serta berkembang. Sehingga, Pemerintah DIY dan Pemerintah Kota Yogyakarta tidak akan tinggal diam.

"Kita sama-sama berusaha menyukseskan program ini tidak hanya PKL, kami juga akan  menopang. Dalam waktu satu tahun anggran ini, Pemerintah DIY tidak akan menarik pajak apapun, kepada para pedagang yang pindah dalam waktu satu tahun anggaran kita lihat perkembangannya," ujar dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/26/214209378/teras-malioboro-satu-diresmikan-ini-fasilitas-yang-disediakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke