Salin Artikel

Diburu 16 Tahun, Mantan Kades di Grobogan Akhirnya Ditangkap Saat Perjalanan Pulang, Ini Kronologinya

KOMPAS.com - Mantan Kepala Desa Ringinharja, Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, M Bachtiar Rifai (49), akhirnya berhasil diringkus anggota Kejaksaan Negeri (Kejari) Grobogan, Selasa (11/2/2022).

Penangkapan itu dilakukan setelah tim intelijen Kejari Grobogan mendapat informasi Rifai akan pulang kampung di momen tahun baru 2022.

Rifai pun ditangkap di kawasan Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, saat perjalanan pulang ke rumahnya.

"Informasi internal di Kejari Lamandau benar adanya. Kami kemudian berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengintaian hingga mengamankan Rifai. Yang bersangkutan hendak balik rumah," terang Kasi Pidsus Kejari Grobogan Iwan Nuzuardhi, Kamis (13/1/2022).

Buronan selama 16 tahun

Seperti diketahui, berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) pada 6 Januari 2005, Rifai dijatuhi vonis satu tahun hukuman penjara.

Namun, Rifai saat itu mengajukan banding. Dalam proses banding itu ternyata Rifai justru kabur ke Kalimantan.

Rifai divonis bersalah karena menyelewengkan dana banda desa dan juga dana proyek fisik di Desa Ringinharjo. Namun, proyek tersebut tidak pernah terlaksana. 

"Berdasarkan putusan MA tanggal 6 Januari 2005, Rifai dijatuhi pidana 1 tahun dengan uang pengganti Rp 25 juta dan denda Rp10 juta. Namun saat mengajukan upaya hukum proses banding, yang bersangkutan melarikan diri," pungkas Iwan.

Selain itu, selama pelariannya itu ternyata Rifai sempat pulang kampung pada tahun 2010. Namun, saat itu Rifai berhasil lolos.

Rifai sata ini telah diamankan di lembaga pemasyarakat (Lapas) Purwodadi, setelah sebelumnya menjalani serangkaian tes kesehatan.

(Penulis : Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/14/052932078/diburu-16-tahun-mantan-kades-di-grobogan-akhirnya-ditangkap-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke