Salin Artikel

Stok Vaksin Booster Terbatas, Pemkot Yogyakarta Belum Gelar bagi Masyarakat

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan, untuk vaksinasi booster digunakan tiga jenis vaksin, yakni AztraZeneca, Moderna, dan Pfizer.

"Kalau di Kota Yogyakarta sekarang baru ada 700 Pfizer, dan AztraZeneca hanya 300-an kalau kita gunakan sehari saja sudah habis itu," ujar Heroe saat dihubungi wartawan, Rabu (12/1/2022).

Lanjut dia sebelum melaksanakan vaksin booster kepada masyarakat, Heroe meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melakukan pendataan terlebih dahulu. Vaksin booster ini diutamakan bagi lansia sebelum diberikan ke masyarakat lainnya.

"Kita minta menghitung ketersedian vaksin dengan jumlah lansia yang kita booster, sedang kita hitung. Persiapan ketersedian vaksin dan berhitung kapan mulai booster lansia," katanya.

Karena kekurangan jumlah stok vaksin tersebut Pemkot Yogyakarta mengajukan tambahan vaksin booster kepada kementerian kesehatan agar vaksin booster dapat segera diberikan kepada masyarakat Yogyakarta.

"Ya (meminta tambahan vaksin), makanya se DIY bersama kemenkes dan dinkes lain rapat penyediaan vaksin booster lansia. Maupun lansia yang belum dapat vaksin," katanya.

Vaksin booster belum digelar di Kota Yogyakarta untuk sekarang Pemkot Yogyakarta memfokuskan vaksinasi bagi lansia yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua, serta fokus memberikan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun.

"Kita saat ini diminta memfokuskan untuk mereka yang belum divaksin pertama bagi lansia kalau lansia sudah vaksin dosis satu dan dua bisa dibooster, dan anak-anakyang bisa divaksin," katanya.

Terpisah, Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menambahkan untuk kick off vaksin booster dilakukan pada Kamis (13/1/2022) dengan sasaran 3 sampai 4 ribu bertempat di Jogja Expo Center (JEC).

"Pemerintah DIY lakukan vaksin booster besok, karena kita butuh persiapan tempat. Besok diselenggarakan di JEC," katanya.

Ia menyampaikan pemberian vaksin booster berurutan seperti pemberian vaksin dosis pertama dan kedua, mulai dari lansia, pelayan publik, sampai dengan anak-anak.

"Lansia, pelayanan publik, tenaga pendidikan, anak 12 tahun. Urutannya sama kaya kemarin," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/12/115804378/stok-vaksin-booster-terbatas-pemkot-yogyakarta-belum-gelar-bagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke