Salin Artikel

Pantauan Terkini Gunung Merapi, 134 Kali Gempa Guguran dan Status Siaga

KOMPAS.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat perkembangan terkini Gunung Merapi yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (9/12/2021).

Menurut laporan pengamatan BPPTKG, pada Kamis pagi terjadi guguran lava sebanyak empat kali.

Pengamatan tersebut dilakukan sejak 00.00 WIB hingga 06.00 WIB.

"Teramati empat kali guguran lava ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Selain itu, teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 15-200 meter dari puncak.

Untuk suhu udara lebih kurang 14-21 °C dengan kelembaban udara 76-93%, dan tekanan udara 837-873 mmHg.

Aktivitas kegempaan

Dilansir dari situs esdm.go.id, aktivitas kegempaan di Merapi tercatat ada gempa vulkanik yang berkaitan dengan guguran, hembusan asap kawah, pertumbuhan kubah lava serta aktivitas tektonik.

Untuk gempa guguran tercatat sebanyak 134 kali dan ada 6 kali gempa Hembusan. Gempa Hybrid/Fase Banyak terjadi 16 kali dan Gempa Tektonik Jauh terjadi 1 kali.

Untuk status Gunung Merapi saat ini adalah Siaga. Masyarakat diimbau agar kegiatan pada radius 3 km dari puncak.

Wilayah tersebut adalah di sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Sementara itu, pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi.

Lalu, pemerintah setempat telah meminta tak ada lagi kegiatan penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III.

(Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: UPDATE Kondisi Gunung Merapi Hari Ini: 134 Gempa Guguran, Guguran Lava Pijar Bergerak ke Barat Daya

https://yogyakarta.kompas.com/read/2021/12/09/131123078/pantauan-terkini-gunung-merapi-134-kali-gempa-guguran-dan-status-siaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke