Salin Artikel

Siap-siap, Masuk Kawasan Malioboro Bakal Diminta Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Salah satu tempat yang akan menerapkan syarat itu adalah kawasan Malioboro, Yogyakarta.

"Sekarang kita mau pelan-pelan orang yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin. Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (kartu vaksin)," ujar Luhut usai memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Setda Sleman, Jumat (6/8/2021).

Selanjutnya, kata Luhut, secara bertahap kartu vaksin juga akan menjadi syarat untuk masuk ke pusat berbelanjaan hingga restoran.

Luhut menegaskan bahwa aturan tersebut demi keselamatan bersama guna menghadapi Covid-19 khususnya varian delta yang telah masuk ke Indonesia. 

"Jadi nanti kalian pergi ke restoran enggak pakai ini, tolak. Belanja enggak pakai ini, tolak. Karena ini demi keselamatan kita semua," ujar dia.

Terkait dengan ketersediaan stok vaksin, dia memastikan tidak ada masalah.

Sebab, dalam waktu dekat ada 70 juta dosis vaksin yang akan datang ke Indonesia, sehingga target vaksinasi bisa tercapai.


"Jadi Presiden sudah memerintahkan kami untuk bulan ini dan bulan depan itu rata-rata 70 juta lebih per bulan akan disuntikan. Jadi Jawa dan Bali per hari hampir 2,3 juta orang harus disuntik," ujar Luhut.

Untuk diketahu, kartu vaksinasi kini telah ditetapkan sebagai persyaratan dokumen perjalanan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bahkan telah menetapkan kartu vaksin sebagai syarat untuk masuk ke mal.

Beberapa mal tersebut di antaranya Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Senayan Park. (Penulis Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2021/08/08/121844978/siap-siap-masuk-kawasan-malioboro-bakal-diminta-tunjukkan-sertifikat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke