Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan HB X Bakal Perpanjang PTKM jika Warga DIY Masih Abai Protokol Kesehatan

Kompas.com - 18/01/2021, 18:41 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB X) meminta warga menerapkan protokol kesehatan selama masa pemberlakuan pembatasan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) berlaku.

Jika masyarakat masih abai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka HB X menyatakan ada kemungkinan PTKM bakal diperpanjang.

Selain itu, tingkat mobilitas warga juga bakal jadi pertimbangan HB X untuk memperpanjang atau menghentikan pembatasan kegiatan masyarakat tersebut.

Baca juga: Melanggar PTKM, Satgas Covid-19 Gunungkidul Bubarkan Acara Hajatan

"Sekarang rekoso (sulit) mobilitas dibatasi tapi setelah (tanggal) 25 (Januari) harapan kita semakin baik bukan makin jelek. Kalau makin jelek pasti diperpanjang. Tidak ada logika untuk tidak diteruskan," kata HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (18/1/2021).

HB X juga menyoroti soal aturan waktu penutupan tempat usaha selama PTKM.

Kedisiplinan pelaku usaha turut jadi pertimbangan HB X untuk melanjutkan masa berlaku pembatasan kegiatan masyarakat itu atau tidak.

"(Tempat usaha) di-close jam 7 malam itu dilakukan betul kita disiplinkan betul dengan harapan kondisi semakin baik sehingga tidak diperpanjang. Tetapi kalau masyarakat kesadarannya kurang kasus naik terus tanggal 25 pasti diperpanjang," sebut HB X.

Terakhir HB X menyatakan, tingkat penularan Covid-19 selama PTKM berlangsung pun ikut diperhatikan.

Baca juga: Hari Pertama PTKM di Yogyakarta, PKL Malioboro Tutup Lebih Cepat

Pasalnya, dalam satu pekan terakhir jumlah pertambahan orang yang terinfeksi virus corona masih dianggap tinggi.

"Makanya pertanyaan saya ya. Coba dianalisis sampai hari Minggu itu belum turun. Kalau yang positif (dengan gejala) turun 2,3 persen apa ya. Dengan berlakunya ketentuan yang baru turun, tapi dari OTG dan sebagainya masih cukup tinggi masih di atas 200 belum turun," sebut HB X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com