Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 2 Pasien, Total Positif Corona di Gunungkidul Jadi 54 Orang

Kompas.com - 02/07/2020, 18:47 WIB
Markus Yuwono,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kasus positif corona di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, kembali bertambah dua orang, Kamis (2/7/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, satu kasus penambahan ini tertular dari pasien sebelumnya yang melakukan perjalanan dari Surabaya.

"Pertama adalah perempuan 36 tahun alamat Wonosari. Kedua laki-laki 59 tahun, beralamat di Panggang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty melalui pesan singkat kepada wartawan.

Baca juga: Uji Coba Wisata New Normal di Gunungkidul Diperpanjang, Bus Pembawa Rombongan Boleh Masuk

Dia menjelaskan, pasien asal Wonosari tersebut berkaitan dengan kasus sebelumnya seorang laki-laki (41) memiliki riwayat perjalanan dari Jawa Timur, dinyatakan positif pada 27 Juni lalu, dan berstatus keluarga.

"Sedangkan untuk kasus dari Panggang baru akan ditelusuri penularannya. Sebab hasil swab baru diketahui hari ini," ucap Dewi.

Secara akumulatif sudah ada 54 kasus positif Covid-19 di Gunungkidul.

Rinciannya, 6 pasien masih dirawat, 47 dinyatakan sembuh, 1 meninggal dunia.

Selain itu terdapat 848 spesimen swab yang diambi hasil negatif mencapai 768 spesimen, dan 26 spesimen masih dalam proses.

Baca juga: Pantai Selatan Gunungkidul Dipenuhi Ubur-ubur, Puluhan Wisatawan Tersengat

Sebelumnya, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Sumitro mengungkapkan sampai saat ini Gunungkidul tergolong Zona Orange. Ada tiga kapanewon yang berada di Zona Orange yaitu Wonosari, Karangmojo, dan Playen.

Zona Hijau berada di Gedangsari, Tepus, Rongkop, dan Girisubo lantaran tidak ada kasus. Sementara 11 kapanewon lainnya tergolong Zona Kuning.

"Kita kan ada 14 indikator dari Gugus tugas, nanti akan diupdate (terkait zona di Kapanewon) setelah 2 minggu," ucap Sumitro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com