Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Subspesies "Pongo Pygmaeus Morio" Paling Sedikit

Kompas.com - 04/02/2013, 23:00 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Jumlah orangutan yang habitatnya di kawasan hijau Kalimantan Timur, yakni subspesies Pongo pygmaeus morio, paling sedikit dibandingkan dua subspesies orangutan, lainnya yakni Pongo pygmaeus pygmaeus dan Pongo pygmaeus wurmbii.

Principal Centre for Orangutan Protection (COP), Hardi Baktiantoro, mengatakan, data tahun 2004 menunjukkan bahwa di perkiraan jumlah Pongo pygmaeus morio hanya 4.825 ekor. Subspesies ini habitatnya di kawasan hijau Kaltim dan Sabah (Malaysia).

Dua subspesies orangutan di Kalimantan, yaitu Pongo pygmaeus pygmaeus berjumlah 7.500 individu dan Pongo pygmaeus wurmbii berjumlah 46.250 ekor. Ini data lama, dan jumlah itu jelas sudah berkurang karena konversi lahan di Kaltim secara masif. "Ini mencemaskan," ujarnya saat penandatanganan MoU perlindungan orang utan antara COP dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Senin (4/2/2013).

Adapun Pongo pygmaeus morio di Kaltim berada di sejumlah kawasan, antara lain Taman Nasional Kutai, DAS Lesan dan DAS Kelai, Sangatta-Bengalon dan Muara Badak, DAS Segah, Samarinda, Muara Badak, Marangkayu, Sangkulirang/Mangkalihat, dan Rawa Sebuku/Sembakung.

Novianto Bambang, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan, mengatakan, Indonesia seharusnya patut bersyukur memiliki spesies orangutan.

"Kami dan para pemerhati orangutan harus punya strategi penyelamatan untuk orangutan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com