Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunungkidul Tunjuk Puskesmas Ponjong II sebagai Tempat Karantina

Kompas.com - 11/08/2020, 20:57 WIB
Markus Yuwono,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, mengalihkan tempat karantina pasien reaktif Covid-19 dari Wisma Wanagama ke Puskesmas Ponjong II di Kecamatan Ponjong.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan, Wisma Wanagama akan digunakan lagi oleh UGM, untuk menampung para peneliti, pada September mendatang.

Proses persiapan untuk menampung pasien reaktif di Puskesmas Ponjong II sedang dilakukan.

"Wanagama ini sangat nyaman untuk merawat pasien. Bisa dikatakan memang ideal sebagai tempat karantina," kata Immawan kepada wartawan di Playen, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Gunungkidul Capai 82,8 Persen

Meski demikian, Pemkab Gunungkidul juga akan memaksimalkan sarana kesehatan yang ada seperti RSUD Saptosari, dan RSUD Wonosari untuk menapung pasien positif dan reaktif Covid-19.

 

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, Wisma Wanagama selama ini menampung sebanyak 166 pasien reaktif sembari menunggu hasil swab kelaur.

Dari 166 pasien, 15 di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

Puskesmas Ponjong II yang berada di Kalurahan Bedoyo dapat menampung 20 pasien reaktif Covid-19.

"Puskesmas ini (Ponjong II) paling potensial untuk dijadikan pengganti Wisma Wanagama. Kami sudah solid dengan gagasan itu," ucap Dewi.

Baca juga: Pasien Positif Corona 90 Persen Pelaku Perjalanan, Wabup Gunungkidul Imbau Warga Tak Keluar DIY

Dewi mengatakan, biaya sewa Wisma Wanagama menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) yang dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, Wisma Wanagama sejak awal diproyeksikan hanya digunakan selama sebulan.

"Dulu awalnya satu bulan (berakhir) bulan Juni. MoU pertama itu 37 hari selesai di tanggal 30 Juni kalau tidak salah. Kemudian ada kebijakan diperpanjang sampai 31 Juli," kata Edy.

Wisma Wanagama sendiri akan digunakan pihak Universitas Gajah Mada (UGM) untuk kegiatan internal pada bulan September mendatang.

Selama digunakan untuk menampung pasien reaktif, Pemkab Gunungkidul telah mengeluarkan biaya sewa untuk bulan pertama sekitar Rp 103 juta dan bulan kedua Rp 52 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com