Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang Sehari, Bocah 10 Tahun di Bantul Ditemukan Meninggal

Kompas.com - 22/06/2020, 22:24 WIB
Markus Yuwono,
Khairina

Tim Redaksi

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Tim SAR gabungan menemukan AAP (10), warga Dusun Cawan, Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, yang hilang sejak Minggu (21/6/2020). Korban ditemukan meninggal di Sungai Progo

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, L. Wahyu Efendi mengatakan, kronologi yang didapat Kantor Basarnas Yogyakarta, AAP bermain ke tetangga yang terletak di pinggir sungai pada Minggu pukul 08.00 WIB. Namun, sampai pukul 15.00 WIB korban belum pulang.

"Menjelang sore ditemukan sandal korban di tepian Sungai Progo (kondisi terapung), keluarga dan warga setempat melaksanakan pencarian. Hingga Senin 22 Juni 2020 pagi hari korban belum ditemukan," kata Wahyu dalam keterangan tertulis, Senin. 

Baca juga: Kapal Kru Mancing Mania Tenggelam, 10 Selamat, 3 Masih Dicari

Pihak keluarga melaporkan kejadian itu ke Basarnas Yogyakarta. Pihaknya memberangkatkan satu tim rescue berjumlah 8 orang yang dilengkapi dengan peralatan water rescue menuju lokasi dan langsung berkordinasi dengan pihak Polsek, Koramil, perangkat desa serta potensi SAR yang sudah berada di lokasi.

"Diduga hanyut di Sungai Progo," kata Wahyu.

Dijelaskan, pencarian hari pertama ini tim SAR Gabungan dibagi menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU).

Untuk SRU 1 dengan jumlah personel 4 orang melakukan penyisiran sungai menggunakan Kayak, SRU 2 dengan jumlah personel 9 orang melakukan penyisiran dari lokasi menuju Tempuran Sungapan 3,8 KM.

"Untuk SRU 3 dengan jumlah personil 10 melakukan penyisiran dari lokasi menuju Tempuran Sungapan 3,8  KM melalui jalan darat kanan dan kiri sungai," ucap Wahyu.

Baca juga: Kapal Berpenumpang 9 Orang Tenggelam di Aceh, 2 Tewas

Tim SAR Gabungan menghentikan pencarian sementara sekitar pukul 17.00 WIB dan akan dilanjutkan besuk pagi.

Namun, pada pukul 17.30 WIB Posko Tim SAR Gabungan yang berada di Sedayu, Bantul mendapat informasi dari warga bahwa ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Setelah mendapatkan informasi tanda-tanda keberadaan korban, pada pukul 17.40 WIB Posko SAR Gabungan memberangkatkan tim gabungan untuk melakukan proses evakuasi.

"Korban berhasil ditemukan dengan jarak 2 kilometer dari lokasi hilang, tepatnya di daerah Karang Tuksono, Sentolo, Kulonprogo dalam kondisi meninggal dunia," ucap Wahyu.

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban pada pukul 18.30 WIB dan korban langsung dibawa ke rumah duka atas permintaan keluarga

Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan, dengan ditemukannya satu orang yang diduga hanyut di Sungai Progo, operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur tim SAR Gabungan yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com