Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Isolasi Pasien yang Sakit Sepulang Umrah

Kompas.com - 03/03/2020, 09:24 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengisolasi seorang pasien yang batuk dan flu sepulang menunaikan umrah.

Pasien perempuan yang berusia 73 tahun itu mulai diisolasi setelah dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta.

"Kami peroleh informasi pasien habis kunjungan umroh. Kita lakukan (pemeriksaan) sesuai standar biasa, cuman kita kok dari (pemeriksaan) klinisnya tidak curiga itu bentuk Covid-19 (virus corona)," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Pelesiran ke Korsel, 9 Warga Pontianak Diminta Isolasi Diri Sendiri

"Tetap kita isolasi secara khusus karena memang dia ada batuk," sebut Banu.

Meski demikian, Banu mengatakan, berdasarkan pemeriksaan awal, pasien tersebut tidak menunjukkan adanya gejala terinfeksi corona.

"Flu itu kan banyak ya. Nah ini salah satunya tidak mengarah ke sana (Covid-19), kita berharap ini negatif Covid-19. Kami belum mengkategorikan suspect (Corona)," kata dia.

Baca juga: Polisi Isolasi Radius 20 Meter Rumah Pasien Corona di Depok

Saat ini, RSUP Dr Sardjito masih menunggu hasil laboratorium dari Kementerian Kesehatan untuk memastikan pasien ini tidak terinfeksi virus mematikan.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul RSUP Dr Sardjito Jogja Terima Satu Pasien Rujukan dari RSUD dengan Gejala Batuk Usai Pulang Umrah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com