Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih 24.415 Suara, Roy Suryo Gagal Lolos ke Senayan

Kompas.com - 13/05/2019, 11:24 WIB
Wijaya Kusuma,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Caleg Partai Demokrat dapil DIY KRMT Roy Suryo gagal terpilih sebagai anggota DPR setelah hanya meraup 24.415 suara.

Alhasil, Partai Demokrat di Dapil DIY untuk periode ini tidak berhasil menempatkan wakilnya di DPR.

"Soal suara, monggo saja. Kerja berat sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya (sampai jungkir balik) intensif selama tujuh bulan. Namun, rupanya Allah SWT berkehendak lain," ujar KRMT Roy Suryo saat dihubungi via chat WhatsApp, Senin (13/5/2019)

Roy Suryo menyampaikan, perolehan suaranya sudah di atas suara perolehan partai. Roy Suryo meraup total 24.415 suara, sedangkan Partai Demokrat 19.951 suara. Total suara partai dan semua caleg hanya sejumlah 62.708 suara.

Baca juga: Tampil Beda, Roy Suryo Usung Kampanye Berkonsep “Jungkir Balik”

Dari hasil tersebut, Partai Demokrat di Dapil DIY untuk periode ini tidak berhasil menempatkan wakilnya di DPR.

Menurutnya, cara kampanye dengan baliho jungkir balik sudah efisien. Bahkan baliho jungkir balik tersebut paling diingat oleh masyarakat.

"Namun, ini semua juga terus terang tidak terlepas dari maraknya praktik-praktik money politics yang sangat marak," katanya.

Baca juga: Ini 8 Caleg yang Lolos ke Senayan dari Dapil DIY, Hanafi Rais Urutan Kedua Suara Terbanyak

Praktik-praktik money politics ini, lanjutnya, marak tidak hanya sebelum pileg, tetapi juga saat hari-H. Bahkan ketika rekapitulasi suara berjenjang banyak oknum yang melakukan hal tersebut.

"DNA Partai Demokrat tidak memperbolehkan hal tersebut. Maka, kami legowo menerima ini semua dibandingkan jika harus memenanginya dengan cara-cara yang tidak terpuji tersebut," katanya.

Baca juga: Kampanye di Masjid, Caleg Gerindra Divonis Hukuman Percobaan

Roy Suryo menyampaikan selamat kepada caleg dari Partai Demokrat yang berhasil kembali mendapatkan kursinya, baik di DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, maupun DPR.

Semoga benar-benar amanah, bisa membawa nama baik Partai Demokrat ke depan dan tidak terjebak dengan hal-hal yang di luar DNA Partai Demokrat.

"Saya sendiri Insya Allah akan menyelesaikan periode di DPR ini sebaik-baiknya sampai masa tugas berakhir, September 2019 mendatang," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com