Salin Artikel

Berikut Jalur dan Jadwal Pendaftaran PPDB SMP Negeri di Kabupaten Sleman

Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengatakan, empat jalur PPDB SMP di Kabupaten Sleman yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua dan jalur prestasi.

"Jalur zonasi ada dua yaitu jalur zonasi radius dan zonasi wilayah," katanya, Rabu (24/05/2023).

Jalur zonasi radius, masing-masing SMP Negeri di Kabupaten Sleman berbeda-beda. Hal karena tergantung letak geografis sekolah itu berada. Zonasi radius yang ditetapkan yakni 300 meter, ada 600 meter, ada 900 meter dan ada 1.200 meter.

"Kalau sekolah itu berada di daerah padat penduduk tentunya kita menggunakan jalur radius 300 meter. Kalau berada di tengah sawah kita radiusnya 1.200 meter," tuturnya.

Ery Widaryana mengungkapkan penentuan zonasi radius ini telah melalui kajian. Pada tahun sebelumnya juga telah diterapkan. Pihaknya juga telah melakukan evaluasi dan revisi terkait jalur tersebut. 

"Anak-anak dari keluarga yang bertempat tinggal dalam radius sekolah itu dengan tempat tinggal sesuai administrasi kependudukan minimal 1 tahun wajib diterima," tegasnya.

Jalur zonasi wilayah untuk SMP berbasis kalurahan. Zonasi wilayah ini ada zona 1, zona 2 dan zona 3.

"Kalau nanti daya tampung di sekolah itu melebihi dari jumlah pendaftar, baru dilaksanakan dengan seleksi. Seleksinya pakai nilai yang ada yaitu nilai gabungan antara rapor di SD dengan nilai ASPD," katanya.

"Jadi anak-anak di zona 1 itu harus dihabiskan dulu kalau memang terpaksa mengambil dari zona lainya," ucapnya.

Sementara untuk jalur afirmasi ada dua yakni afirmasi keluarga miskin dan arfirmasi disabilitas. Calon peserta didik baru dari keluarga miskin yang datanya masuk di Dinas Sosial dapat mendaftar ke semua SMP Negeri di Kabupaten Sleman.

"Mau milih di mana silakan. Kalau di sekolah itu pendaftarnya melebihi kuota, ini seleksinya melalui usia, tidak pakai nilai. Anak yang lebih tua itu yang diutamakan," ujarnya.

Dia mengatakan semua calon peserta didik baru disabilitas juga boleh mendaftar di semua SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Jika pendaftar di sekolah tersebut lebih dari kuota seleksi maka akan menggunakan usia.

"Untuk disabilitas ini syaratnya harus lulus uji psikologi. Ini psikologi yang diselenggarakan oleh psikolog Puskesmas di Kabupaten Sleman. Indikatornya itu hanya kita ingin mengukur bahwa anak itu kalau sekolah bisa mengikuti, bukan indikator yang berat," ungkapnya.

Lalu jalur prestasi seleksi menggunakan nilai gabungan dari prestasi yang diraih. Sebelum pendaftaran, calon peserta didik baru yang ingin mendaftar lewat jalur ini dapat datang ke Dinas Pendidikan untuk meminta surat keterangan tambahan nilai.

"Jadi anak-anak yang punya prestasi boleh memilih di mana, seleksinya pakai nilai. Ada tambahan nilai prestasi mungkin dibidang seni, olah raga, akademik atau nonakademik," ucapnya.

Terakhir, jalur perpindahan tugas orangtua. Calon peserta didik baru ini dapat mendaftar, jika orangtua dimutasi paling lama 2020. Jika pendaftar melebihi kuota di sekolah tersebut, maka seleksinya menggunakan nilai.

"Anak-anak dari keluarga yang pindah tugas, pindah tugasnya kita berikan rentang 3 tahun. Perpindahanya juga sudah ada aturanya," tandasnya.

Lebih lanjut, Ery mengatakan mekanisme pendaftaran untuk masing-masing jalur PPDB SMP dipisah.

"Masing-masing jalur kita pisah-pisah, biar masyarakat tidak kebingungan," tuturnya.

Pendaftaran jalur afirmasi untuk siswa miskin maupun disabilitas akan didahulukan. Termasuk untuk pengumuman juga akan didahulukan. Pendaftarannya akan dimulai pada 12 Juni 2023. Sementara pengumuman jalur ini pada 14 Juni 2023.

Untuk pendaftaran jalur prestasi dimulai pada 14 Juni 2023. Pengumuman akan dilakukan pada 16 Juni 2023. Tanggal pendaftaran ini sama dengan jalur perpindahan orang tua.

Sedangkan untuk pendaftaran jalur zonasi dimulai pada 14 juni 2023 sampai 16 Juni 2023. Terakhir, pengumuman 22 Juni 2023 untuk zonasi wilayah.

"Kalau itu selesai yang terakhir zonasi wilayah dengan harapan anak-anak yang tidak bisa masuk melalui jalur-jalur itu masih punya kesempatan di jalur wilayah," tegasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/05/25/051500378/berikut-jalur-dan-jadwal-pendaftaran-ppdb-smp-negeri-di-kabupaten-sleman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke