Salin Artikel

Pekan Depan, Kemenag DI Yogyakarta Pantau Hilal di Bukit Syekh Belabelu Bantul

Rencananya, pemantauan akan dilakukan di Bukit Syekh Belabelu Parangtritis, Kabupaten Bantul.

"Rencananya pantauan hilal akan kami laksanakan terpusat di Bukit Syekh Belabelu Parangtritis, Bantul tanggal 22 Maret pada sore hari," ucap Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kabid Urais) Kanwil Kemenag DIY, Jauhar Mustofa dihubungi, Jumat (17/3/2023).

Ia menjelaskan, dalam melakukan pemantauan hilal, pihaknya menggandeng beberapa pihak seperti BMKG, dan perguruan tinggi.

Hal itu bertujuan untuk menambah teropong guna melakukan pemantauan hilal. Saat ini teropong milik Kanwil Kemenak DIy telah ditempatkan di Pusat Observasi Bintang (POB) Bukit Syekh Belabelu.

"Minimal ada 3 teropong, teropong POB ada dua dan nanti juga ada tambahan dari BMKG serta beberapa kampus," kata dia.

Menurutnya, dalam melakukan pemantauan hilal akan didatangi oleh berbagai organisasi masyarakat (ormas) keagamaan, kanwil Kemenag dari kabupaten maupun kota, serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) DIY.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag DIY, Masmin Afif mengatakan tahun ini kemungkinan puasa Ramadhan akan dilakukan secara bersamaan.

Untuk diketahui, bahwa Muhammadiyah telah menentukan awal puasa yakni pada 23 Maret 2023.

Lanjut Masmin, secara perhitungan hisab hilal diperkirakan sudah hampir mencapai 7 derajat. Hal itu masih bergantung apabila saat pantauan tidak terhalang oleh awan. 

"Kalau melihat kemungkinan puasanya bareng Insya Allah, karena secara hisab sudah memungkinkan untuk bisa dilihat," pungkas dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/17/194040578/pekan-depan-kemenag-di-yogyakarta-pantau-hilal-di-bukit-syekh-belabelu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke