Salin Artikel

Kunjungi Pos Gunung Merapi, Ganjar: Ilmu "Titen"-nya Lebih Hebat dari Saya

MAGELANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan masyarakat di sekitar Gunung Merapi memiliki ilmu titen (kepekaan terhadap tanda-tanda alam) yang tinggi. 

Hal itu akan lebih baik jika dikuatkan dengan informasi yang akurat dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geofisika (BPPTKG) terkait aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

“Mereka paham, ilmu titennya lebih hebat dari saya, lebih hebat dari orang-orang yang di sana, ini ditambah informasi dari kawan-kawan yang tiap hari berjaga di pos ini, di Babadan ini,” ujar Ganjar usai mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan, Kabupaten Magelang, Senin (13/3/2023).

Ganjar berharap informasi di Pos Babadan selalu diberikan kepada masyarakat setiap hari. Meskipun dari pantauannya, Ganjar melihat masyarakat masih tenang.

“Mudah-mudahan mereka sudah terbiasa mengambil sikap tindakan cepat. Namun demikian kita tidak boleh abai, kita siaga,” kata Ganjar.

Dia sempat bertemu dengan beberapa kelompok rentan Balai Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Kepada Ganjar, mereka mengaku siap mengikuti instruksi apabila terjadi situasi yang buruk.

“Jadi, artinya masyarakat betul-betul menyiapkan diri untuk bekerja sama, menunggu perintah itu, untuk menyelamatkan diri seandainya terjadi sesuatu,” ujarnya.

Ganjar yang didampingi Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso, mendapat penjelasan mengenai potensi terburuk yang harus diwaspadai. Sebab, ada erupsi yang terjadi belakangan ternyata mengubah bentuk kubah Gunung Merapi.

“Informasi kawan-kawan yang ada di sini, masih sangat fluktuatif. Tugas saya memantau terus tiap hari dan memastikan kawan-kawan yang ada di area sekitar sini, saudara-saudara sekitar sini, betul-betul siaga. Tidak boleh menyepelekan,” tegasnya.

Ganjar meminta agar saat ini mulai didata ulang kelompok-kelompok rentan yang mesti diprioritaskan. 

“Hanya perlu membiasakan gerak cepat dengan masyarakat. Jadi konsepnya desa kembar itu sebenarnya sudah ketahuan. Nanti kalau lari ke mana, pakai kendaraan siapa, jalur evakuasi lewat mana itu cukup membantu. Pengalaman kawan-kawan termasuk relawan yang mendampingi terus di sini paling bagus,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso menjelaskan, Gunung Merapi telah memuntahkan awan panas guguran (APG) sebanyak 60 kali hingga Senin (13/3/2023).

Tanggal 11-12 Maret 2023, Gunung Merapi meluncurkan APG ke arah Kali Bebeng. Hingga saat ini, Senin, 13 Maret 2023 tercatat 60 kejadian awan panas guguran di gunung api teraktif di dunia itu.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/14/054357578/kunjungi-pos-gunung-merapi-ganjar-ilmu-titen-nya-lebih-hebat-dari-saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke