Salin Artikel

Netizen Mengeluh ke Gibran soal Jalan Godean yang Rusak, Sekda DIY: Itu Kan Guyon Saja To

Keluhan netizen ini menurut Pemerintah DIY hanya sebatas guyonan atau candaan saja.

"Segera lah secepatnya kita lakukan (perbaikan). Kalau soal mengadu (ke Gibran) itu kan guyon saja to," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Selasa (6/2/2023).

Aji menyampaikan kerusakan Jalan Godean disebabkan oleh cuaca dengan curah hujan tinggi.

"Saya juga mendapatkan aduan. Setiap ada aduan yang kita perbaiki. Dan tapi karena memang kondisi cuaca itu memang tingkat kerusakannya lumayan cepat. Tapi kita tetap akan perbaiki pemeliharaan jalan," katanya.

Dia mengatakan Pemerintah DIY telah melakukan pemeliharaan terhadap Jalan Godean. Sedangkan untuk anggaran untuk rehabilitasi saat ini masih terbatas.

"Kita punya pemeliharaan jalan, memang kalau rehabilitasi kita sangat terbatas. Tetapi, nanti kita siapkan rehabilitasinya," kata dia.

Diketahui, perbaikan Jalan Godean dibutuhkan anggaran Rp 7-8 milliar per kilometernya.

Beberapa lalu ramai di media sosial Twitter terkait permintaan warga net yang meminta Walikota Solo Gibran Rakabuming untuk memperbaiki Jalan Godean, Kabupaten Sleman.

Terkait ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPESDM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Anna Rina Herbranti membenarkan bahwa terdapat warganet yang melaporkan kerusakan Jalan Godean kepada Gibran.

Lanjut Anna, saat ini untuk perbaikan hanya bisa dilakukan sebatas penambalan jalan rusak. Hal ini mengingat anggaran yang tersedia baru sebatas pemeliharaan.

"Jadi memang saat ini anggaran yang tersedia baru untuk pemeliharaan, sehingga kalau untuk Jalan Godean itu kebutuhan diprogramkan tahun depan secara bertahap," kata Anna.

Menurut Anna beberapa kali pihaknya telah mengusulkan anggaran perbaikan kepada Pemerintah DIY.  Tetapi, karena beban anggaran yang cukup besar, Pemerintah DIY belum siap untuk menganggarkan.

"Beberapa kali kami usulkan sudah mulai beberapa tahun yang lalu. Tapi karena beban anggaran cukup besar sehingga pemda mungkin anggarannya belum siap," kata dia.

Menurut Anna untuk perbaikan jalan Godean tidak bisa hanya sekadar dibongkar dan diperbaiki. Namun, ada faktor-faktor lainnya yang juga harus diperbaiki.

"Kalau cuma dibongkar dandani (perbaiki) belum bisa harus ada yang lain juga diperbaiki. Misalnya kiri kananya harus diperbaiki," jelas dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/08/114123378/netizen-mengeluh-ke-gibran-soal-jalan-godean-yang-rusak-sekda-diy-itu-kan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke