Salin Artikel

Sosok Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Perempuan Pertama Semarang

KOMPAS.com - Hevearita Gunaryanti Rahayu resmi dilantik sebagai Wali Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Senin (30/1/2023).

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita itu dilantik oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Gedung Grhadika Bakti Praja, Kota Semarang, Jateng.

Pelantikan Ita dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, serta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

"Saya, Gubernur Jawa Tengah, atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan resmi melantik Saudari Insinyur Hajah Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai Wali Kota Semarang, sebagaimana tercantum dalam keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-6143 tahun 2022 tanggal 18 November 2022," kata Ganjar, sebagaimana diberitakan regional.kompas.com, Senin (30/1/2023).

Sosok Hevearita Gunaryanti

Pelantikan Ita sebagai Wali Kota Semarang mencatatkan sejumlah sejarah di Ibu Kota Jateng tersebut.

Ita adalah perempuan pertama yang berhasil menjabat Wali Kota Semarang, sedangkan suaminya juga menjadi laki-laki pertama yang menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Semarang.

"Di aturan boleh suami atau istri Wali Kota (menjabat TP PKK)," kata Ita, dikutip dari TribunJateng.com, Senin (30/1/2023).

"Jadi nanti bisa kolaborasi untuk perempuan berdaya," imbuhnya.

Ita menambahkan, Megawati Soekarnoputri saat menghadiri pelantikannya juga menekankan peran perempuan dalam penanganan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), stunting, kemiskinan, dan ketahanan keluarga.

Sebagai pemimpin perempuan, Ita mengaku, dia berkomitmen untuk mengelola Kota Semarang menjadi lebih baik serta sejahtera.

"Ibu-ibu akan diberikan kepelatihan kepemimpinan sehingga akan meneruskan kebijakan kepala daerah," pungkasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf | Editor: Robertus Belarminus), TribunJateng.com

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/30/181017778/sosok-hevearita-gunaryanti-rahayu-wali-kota-perempuan-pertama-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke