Salin Artikel

"Underpas" Kentungan Sleman Sering Tergenang meski Tak Hujan, Satker PPK DIY: Ada Mata Airnya

Seorang warga bernama Wahyu mengungkapkan Underpass Kentungan sering terjadi genangan. Ia menduga, genangan tidak berasal dari air hujan.

"Semalam tidak hujan, sini memang sering terjadi hujan. Tapi kalau ini mungkin tidak dari air hujan," katanya, Selasa (10/1/2023).

Dari informasi yang dia dapat, di Underpass Kentungan memang terdapat sumber mata air.

"Mungkin dari mata air, karena katanya memang ada mata air," kata dia.

Sementara itu, Satker PPK 1.1 DIY Ersy Perdhana mengatakan penyebab adanya genangan di  Underpass Kentungan karena pompa air mati. Matinya pompa air dikarenakan daya listrik yang tak kuat sehingga membuat trafo listrik terbakar.

"Ternyata pompa pada mati kok nge-drop semua. Saya juga manggil teknisi. Padahal genset itu baru, yang barat cuma njeglak-njeglek dinyalain 10 menit, di timur itu udah kobong (terbakar), lihat di trafonya," kata dia, Selasa (10/1/2023).

Pada saat yang bersamaan sistem tidak membaca sehingga genset tidak dapat menyala.

"Ndilalah (kebetulan) sistemnya enggak baca. Kalau mati sekalian malah gensetnya nyala, itu malah pincang sumbernya dua," jelas dia.

"Setengah 10 sudah surut. Kami juga sempat bongkar-bongkar yang bawah," katanya.

Ia mengungkapkan, di Underpass Kentungan memang ada mata air yang lebih tinggi jika dibanding dengan bagian jalan. Mata air ini yang diduga sebagai penyebab adanya genangan.

"Iya. Memang semacam mata air. Itu levelnya air tanah, di atasnya underpass. Jadi underpass di jalan bawah itu. Biasanya kalau struktur itu paling aman di bawahnya, biar air di bawah. Nah struktur ini muka air tanahnya tinggi. Jadi meskipun enggak hujan ya ngeluarin air, kayak sumur lah. Mata airnya ada di atas jalan yang bawah," jelasnya.

Untuk menanggulangi hal serupa pihaknya berkoordinasi dengan PLN untuk menaikkan daya listrik dan akan melakukan pembersihan pompa.

"Tadi dibuka pompanya, ada semacam sampah. Ada rompi pekerja, papan, wah gimana ini. Rutin itu seminggu sekali (dibersihkan), intensitasnya mau ditambah juga. Plastik juga banyak di situ," katanya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/11/124251778/underpas-kentungan-sleman-sering-tergenang-meski-tak-hujan-satker-ppk-diy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke