Salin Artikel

Gempa Pacitan, BPPTKG: Terekam di Jaringan Seismik Gunung Merapi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Gempa yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur dengan magnitudo 5,6 pada Senin (9/01/2023) pukul 19.26 WIB terekam di jaringan seismik Gunung Merapi.

Di dalam keterangan resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) disebutkan gempa tektonik terekam di jaringan seismik Gunung Merapi.

"Gempa tektonik terekam di jaringan seismik Gunung Merapi dan dirasakan di sebagian besar pos pemantauan," kata BPPTKG dalam keterangan resminya yang juga diunggah di akun Twitter-nya, Senin (9/1/2023).

Gempa bumi yang terjadi tidak serta merta mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Sampai saat ini BBPTKG masih menetapkan aktivitas Gunung Merapi pada status Siaga.

"Mesti Gunung Merapi berstatus Siaga, gempa tektonik tidak serta merta berpengaruh pada aktivitas Merapi," jelas BPPTKG dalam keterangannya.

Seperti diberitakan sebelumnya Gempa di Pacitan dengan magnitudo 5,6 terasa hingga di beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) seperti di Sleman dan Bantul.

Gempa terjadi pada Senin (9/1/2023) pukul 19.26 WIB.

Warga Kasihan, Bantul, Herkun mengatakan, saat gempa terjadi, dirinya sedang di dalam rumah dan tiba-tiba terasa gempa ditandai dengan suara motor goyang akibat gempa.

"Saya tadi di dalam rumah, terasa kencang gempanya. Terdengar glodak-glodak dari motor kan saya parkir di luar," kata dia, Senin (9/1/2023).

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/09/223408878/gempa-pacitan-bpptkg-terekam-di-jaringan-seismik-gunung-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke