Salin Artikel

Gempa Pacitan, BPBD Gunungkidul Sebut Belum ada Laporan Kerusakan

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, DI Yogyakarta menyatakan belum ada laporan kerusakan gempa magnitudo 5,6 yang berpusat di Pacitan, Jawa Timur, Jumat (9/1/2023) malam.

"Sampai saat ini belum ada laporan dampak gempa/laporan kerusakan," kata Kepala BPBD Gunungkidul Purwono saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon Jumat malam.

Adapun gempa dirasakan sebagian warga Gunungkidul. Salah seorang anggota FPRB Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Surisdiyanto mengatakan wilayah Kemadang merasakan gempa dan keluar rumah.

"Terasa lumayan tadi. Warga berteriak gempa. Tapi warga sudah kembali ke rumah," kata Suris.

Dari rilis BMKG gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Pacitan, Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman Kulon Progo, Wonogiri, Purworejo, Cilacap, Blitar, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Nganjuk dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Daerah Banjarnegara, Wonosobo, Karangkates dan Kebumen dengan skala intensitas II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/09/214811978/gempa-pacitan-bpbd-gunungkidul-sebut-belum-ada-laporan-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke