Salin Artikel

Kronologi Mahasiswi di Semarang Jadi Korban Penipuan Akun Palsu HaloBCA di Twitter, Rp 8 Juta Raib

KOMPAS.com - Penipuan berkedok layanan customer service HaloBCA menimpa seorang mahasiswi berinisial SF di Semarang, Jawa Tengah.

Akibatnya, SF mengaku telah kehilangan uang di rekening BNI miliknya sebesar Rp 900.000 dan juga limit pinjaman Shopee sebesar Rp 7.450.000.

"Kebetulan jumlah limit pinjaman Shopee saya sekitar Rp 7.425.000. Tiba-tiba pinjaman Shopee udah ketarik masuk. Saya cek ke Bank BNI untuk lihat riwayat transaksi, ternyata ada transaksi keluar. Tapi bukan saya yang transaksi," ungkapnya, Kamis (5/1/2023).

Kronologi

SF menceritakan, kejadian itu berawal saat dirinya menerima banyak pesan dari Bank BCA di emailnya pada 30 Desember 2022.

Hal itu membuat SF curiga data dirinya telah dipakai seseorang di aplikasi BCA Mobile.

SF lalu segera mengadukan kejadian itu ke HaloBCA melalui Twitter. Namun, jawaban dari akun Twitter HaloBCA itu tak memuaskan.

Tak berselang lama, kata SF, ada akun HaloBCA lain yang merespon baik keluhannya. Akun kedua yang ternyata abal-abal itu berhasil meyakinkan korban terkait permasalahannya.

Sayangnya, sebelum menyadari hal itu SF terlanjur menuruti permintaan untuk melakukan pinjaman di akun Shopee.

"Yang kedua itu saya baru sadar akun palsu karena tidak ada centang biru. Namun akun itu seolah-olah memberikan harapan," ujar korban.

"Anehnya apa yang saya lakukan seperti di luar kendali saya," tambahnya.

Lapor polisi

Dilansir dari Tribunnews.com, korban telah melaporkan kejadian itu ke Polsek Polsek Bumi Ayu.

Namun, kata dia, Polsek Bumi Ayu mengalihkan laporan tersebut lantaran kejadian terjadi di Semarang.

"Kemarin waktu di rumah sempet laporan ke Polsek Bumi Ayu. Lalu diarahin buat laporan ke Polda Jateng karena kejadian di Semarang," ibu korban Siti Mutmainnah (48).

(Penulis : Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf | Editor : Khairina)

Artikel ini telah tayang di Tribunmuria.com dengan judul: Petaka, Mahasiswi Semarang Korban Penipuan Online Rp8 Juta, Bermula Akun Bank Tak Centang Biru

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/06/082018378/kronologi-mahasiswi-di-semarang-jadi-korban-penipuan-akun-palsu-halobca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke