Salin Artikel

Air Siraman Kaesang dan Erina Diambil dari 7 Tempat Bersejarah

Pranatacara atau pembawa acara Wigung Wratsangka menjelaskan, air yang diambil dari 7 lokasi yang bersejarah pertama adalah dari Masjid Panepen Kraton, Ndalem Puro Pakualaman, Mangkunegaran, air dari kediaman Joko Widodo, Kediaman Ibu Sofiatun, Masjid Raya Surakarta, dan air zamzam.

"Air adalah lambang hidup dan kehidupan air juga menetapkan ilmu dan pengetahuan. 7 dari pituduh, pitutur, pitulunhan, pitukon, pitulus dan piturut dicampur bunga setaman harapannya kedua mempelai tetap dengan sifat-sifat kautaman," jelas dia.

Sebagai selaku Pranatacara atau pembawa acara Wigung Wratsangka menjelaskan bahwa dia ditugaskan dalam upacara adat kali ini.

Ia menjelaskan pada hari ini ada 7 upacara yang harus dilalui oleh Erina Gudono. Ketujuh upacara adat yang harus dilalui adalah upacara majang tarub, upacara cethik geni adang sepisanan, ngracik tirta siraman, noto lemek palenggahan, upacara majang pasarean, upacara sungkeman ibu, sungkeman langkahan kepada kakaknya yaitu Allen dan Nadia, sungkeman ke GKR Hemas dan kepada Gusti Putri pakualam 10 dan dilanjutkan upacara siraman.

"Upacara kali ini dengan adat Yogyakarta lengkap 7 acara," kata dia, Jumat (9/12/2022).

Rencananya pada saat acara siraman akan diikuti oleh Ibu Sofiatun (ibu Erina), GKR Hemas, Gusti Putri Paku Alam X, Istri Menteri Pratikno, dan ada 3 sesepuh.

"Totalnya ada 7, kami sudah konfirmasi GKR Hemas akan hadir tetapi bisa saja ada perubahan. Semoga tidak ada perubahan," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/09/102310778/air-siraman-kaesang-dan-erina-diambil-dari-7-tempat-bersejarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke