Salin Artikel

Suasana Siraman Erina Gudono, Sejumlah Tamu Undangan Mulai Hadir

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah tamu udangan prosesi adat siraman Erina Gudono sudah mulai berdatangan di rumah Erina, di Kalurahan Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Pantauan Kompas.com Jumat (9/12/2022) tamu undangan datang menggunakan kebaya dan diantarkan menggunakan shuttle dengan logo di kap mobil Unibersitas Gadjah Mada (UGM).

Pagi ini, acara rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dimulai dengan pemasangan Bleketepe, lalu dilanjutkan dengan siraman.

Rencananya siraman akan dihadiri oleh Istri Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono, Gusti Kanjeng Ratu Hemas (GKR) Hemas dan Istri Wakil Gubernur DIY Pakualam X, yakni Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GBKRAy).

Sebelumnya, perwakilan keluarga Erina Gudono, Sri Roso Sudarmo berangkat ke Solo untuk ambil potongan rambut Kaesang Pangarep.

Selain itu, Sri Roso juga mengirimkan air dari 7 sumber ke keluarga Kaesang Pangarep yang digunakan untuk acara siraman.

Perwakilan keluarga Sri Roso Sudarmo yang merupakan tokoh sesepuh kampung setempat juga akan meminta potongan rambut pengantin putra yang akan dijadikan satu dengan rambut calon pengantin putri dan ditanam di rumah pengantin putri.

"Juga, meminta potongan rambut calon penganten putra yang nantinya akan ditanam di rumah ini (kediaman Erina) bersamaan dengan potongan rambut calon pengantin putri," ucap dia, Kamis (8/12/2022).

Ia juga meminta doa kepada keluarga besar Ibu Sofiatun agar tugas yang ia emban dapat berjalan dengan lancar.

"Selanjutnya, izinkan rombongan berangkat ke Solo menjalankan tugas kami," ujar dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/09/084213478/suasana-siraman-erina-gudono-sejumlah-tamu-undangan-mulai-hadir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke