Salin Artikel

Air Siraman Kaesang dan Erina Diambil dari 7 Sumber

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Prosesi siraman Erina Gudono dan Kaesang Pangarep akan digelar 9 Desember 2022. Keduanya akan menjalani prosesi siraman di tempat berbeda.

Air yang digunakan untuk prosesi siraman Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono diambil dari 7 sumber.

Hal ini disampaikan oleh owner Wedding Organizer Pengantin Production Wigung Wratsangka.

"Airnya (untuk siraman) diambil tujuh sumber saya tidak hafal," ujar owner Wedding Organizer Pengantin Production Wigung Wratsangka usai memimpin gladi akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Selasa (6/12/2022).

Wigung Wratsangka menyampaikan, 7 sumber tersebut antara lain dari kediaman Erina Gudono dan Kaesang Pangarep, kemudian dari tempat-tempat di wilayah Yogyakarta.

"Kediaman para mempelai pasti itu sudah dua (sumber), lalu satu dari masjid baru di Surakarta yang diresmikan Pak Jokowi. Kemudian dari tempat-tempat budaya di Yogyakarta," ungkapnya.

Air yang digunakan siraman oleh Erina Gudono dengan Kaesang Pangarep sama. Meskipun keduanya menjalani prosesi siraman di tempat berbeda.

Nantinya, lanjut Wigung Wratsangka, akan ada prosesi dari perwakilan keluarga Erina Gudono yang mengantarkan air siraman untuk Kaesang Pangarep.

"Ada ngintir air, hantar air. Sebelumnya air itu didoakan dan air sudah berangkat (ke Solo) tanggal 8 karena tidak boleh terlambat untuk antisipasi itu tapi ritualnya pengiriman air itu oleh utusan keluarga Gudono. Tanggal 9 pagi bersamaan siraman putri dan putra," ucapnya.

Wigung Wratsangka menuturkan, Erina Gudono akan menjalani prosesi siraman di kediamanya di Sleman. Kemudian, Kaesang Pangarep menjalani siraman di Solo.

Rencananya yang akan hadir menyirami calon pengantin Erina Gudono yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X.

"Siraman ada di kediaman di jalan Kaliurang. (Yang akan menyirami) tentu saja ibunda Gudono dan direncanakan Gusti Ratu Hemas, Gusti Putri Pakualam dan sesepuh-sesepuh yang lain," jelasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/06/150916078/air-siraman-kaesang-dan-erina-diambil-dari-7-sumber

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke