Salin Artikel

Siap-siap, Siaran TV Analog di DIY Dimatikan Tengah Malam Nanti

Meski begitu, masih ditemukan warga yang berhak dibantu mendapatkan Set Top Box (STB) tetapi belum menerimanya sampai sekarang.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan untuk pembagian STB kepada masyarakat tidak mampu sudah dikoordinir oleh Kominfo.

"Saya dapat laporan beberapa yang mestinya berhak mendapatkan tetapi belum mendapatkan. Saya meminta Kominfo untuk segera mendata mana yang membutuhkan tetapi belum dapat untuk diusulkan lagi," kata dia, Jumat (2/12/2022).

Ia menambahkan pembagian STB ke masyarakat DIY sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

"Data berasal dari masyarakat miskin yang TV-nya belum memenuhi syarat, tapi kan jumlah STB terbatas sehingga kemarin dicari yang prioritas," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DIY Wahyu Nugroho membenarkan bahwa siaran TV analog akan dimatikan pada Sabtu (3/12/2022), pukul 00.01 WIB.

Dia menambahkan pembagian STB kepada masyarakat kurang mampu di DIY sudah selesai dilakukan. Total penerima STB di DIY mencapai 163.436.

Jika ada masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan STB Wahyu menyarankan untuk segera melapor melalui call center 159. Dari call center itu menurut dia dapat diketahui data-data penerima STB.

Di luar yang kurang mampu, menurut dia, masyarakat sudah siap untuk beralih dari TV analog ke TV digital.

"Awal tahun ini ada survei, DIY memiliki tingkat pemahaman yang tertinggi 92 persenan," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/02/144933278/siap-siap-siaran-tv-analog-di-diy-dimatikan-tengah-malam-nanti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke